pulsa-logo

Keunggulan Smartphone Kamera Ganda vs Smartphone Kamera Tunggal


Kurdi

Kamis, 14 September 2017 • 17:18

Ganda vs Smartphone , smartphone dual kamera, smartphone kamera ganda


Halo PULSA,

Mohon bantuan infonya tentang keunggulan smartphone yang memakai dual kamera vs smartphone dengan single kamera. Kenapa ada smartphone yang memiliki dual kamera namun kamera yang tertanam berbeda besaran resolusinya? (misal dual kamera belakang, kamera pertama memiliki resolusi 13MP, sedangkan kamera kedua hanya memiliki resolusi 8MP).

Bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan oleh smartphone dengan dual kamera (besaran 13MP dan 8MP dibandingkan dengan smartphone single kamera yang resolusinya 13MP?

Bisakah PULSA memberikan beberapa contoh smartphone dual kamera kualitas terbaik dengan harga 4 sampai dengan 5 jutaan ?

Demikian, mohon bantuannya dan terima kasih sebelumnya Pulsa.

Salam, Widian Nugraha

finance_ermexxx@thetempogroup.com


Halo Widian,

Pertanyaan yang bagus. Sebenarnya kemunculan smartphone dengan kamera ganda adalah untuk melengkapi  keterbatasan fitur pada kamera tunggal. Misalnya, kamera tunggal hanya memiliki besaran sudut yang tidak terlalu lebar sehingga tidak bisa menangkap obyek yang lebih luas. Kamera tunggal juga memiliki keterbatasan dalam algoritma sehingga tidak dapat menghasilkan efek bokeh (fokus di obyek dan blur di bagian non obyek). Kamera tunggal juga tidak dapat menampilkan gambar monokrom yang sempurna dan jika ingin menghasilkan gambar seperti itu, harus menggunakan fitur tambahan.

Nah, disinilah kamera kedua berperan untuk memperkaya fitur fotografi yang tidak bisa diperoleh hanya dengan kamera tunggal. Jadi tidak hanya melulu soal besarnya resolusi yang diusung, namun juga fuingsi dari kamera kedua, apakah untuk mengambil obyek dengan sudut yang lebih lebar, untuk mendapatkan efek bokeh dan efek dramatis lainnya, ataukah untuk menghasilkan gambar monokrom hitam putih yang lebih sempurna.

Besaran resolusi sebenarnya tidak terlalu berpengaruh jika dilihat pada layar smartphone, karena yang berperan di sini adalah kualitas sensor kameranya. Besaran resolusi kamera akan sangat berperan jika kita ingin mencetak hasil foto dan melakukan perbesaran.

Beberapa contoh smartphone dual kamera kualitas terbaik dengan harga 4 sampai dengan 5 jutaan antara lain Nubia M2, Xiaomi Mi 5X, Oppo F3, dan LG G5 SE.