pulsa-logo

Terkena Virus Akibat Download Lagu?


Kurdi

Senin, 02 Oktober 2017 • 14:03


ilustrasiilustrasi

Hai PULSA,

Jadi begini,  kemarin kemarin saya berniat untuk mendownload lagu di smartphone saya Evercoss U50A Winner Y Star. Nah, pas lagi saya mengklik tombol download, smartphone Saya bergetar dan muncul gambar sketsa robot yang dibongkar dari Google.

Pas saya mau keluar dengan menggunakan tombol back, ada dialog box yang kosong dan hanya berisi tulisan ok. Saya kemudian mengklik ok tersebut, dan dialog box itu pun hilang. Lalu Saya tekan tombol back, dan kejadian itu pun terulang kembali.

Dengan terpaksa, Saya mengembalikannya dengan tombol home.  Saat Saya ingin menggunakan smartphone  Saya untuk tenthering/hotspot di smartphone saya, hotspot tersebut menyala, tapi tidak terdeteksi sebagai wifi oleh perangkat lain.  Sebelumnya saya telah hubungkan smartphone saya dengan laptop  tetapi setelah kejadian tersebut, laptop saya tidak dapat mendeteksi keberadaan wifi/hotspot saya. Pertanyaannya ialah bagaimana saya dapat menghilangkan virus tersebut di smartphone Saya?

Itu saja pertanyaan dari Saya.

Terima kasih.

Hanif Zidan


hanifzidxxx@gmail.com

Halo Hanif,

Tampaknya smartphone Anda terkena virus atau malware. Memang, mengunduh aplikasi atau mendengar lagu dan file-file lainya sebaiknya memang melalui portal resmi seperti Google play store, atau layanan streaing musik yang legal karena lebih aman.

Untuk mengatasinya, pertama And aharus embersihkan browser smartphone Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan browser Chrome bawaan Google, Anda bisa mentap menu 3 titik di bagian kanan atas browser, kemudian masuk ke menu setting – privacy – clear browsing data. Kemudian klik bagian “browsing bistory”, Cookies and site data”, dan “Cached  images and files”. Kemudian tekan tombol “clear data”. Ingat, proses ini akan menghapus history website-website yang pernah Anda buka.

Jika sudah, lakukan langkah berikutnya berupa menghapus aplikasi-aplikasi yang mencurigakan. Caranya, buka menu setting – Apps – manage Apps. Kemudian carilah tab “downloaded” kemudian cari aplikasi-aplikasi yang seingat Anda belum pernah Anda instal.Kemungkinan aplikasi tersebut terinstal saat Anda mengunduh musik. Berhati-hatilah saat melakukan langkah ini untuk menghindari apliaksi yang diperlukan malah terhapus.

Nah jika kedua langkah di atas belum mampu mengembalikan fungsi smartphone Anda, maka satu-satunay jalan adalah dengan mereset ulang. Lakukan setelah Anda melakukan backup data-data penting terlebih dahulu.