pulsa-logo

Berapa Besar Memori Ponsel Ideal?


PULSA

Rabu, 19 September 2018 • 21:12

huawei nova 3i, huawei


Guna menjawab sejumlah pertanyaan yang seragam di email redaksi terkait besaran memori, kami mencoba menjawab menggunakan tulisan feature berikut ini.

Disamping Gimmick fitur-fitur mutakhir yang ditawarkan oleh sebuah produk ponsel, ada satu hal yang mungkin dianggap krusial. Memori! Sepenting apa fitur ini bagi ponsel, mungkin Anda sendiri sudah bisa menebaknya. Apa lagi kalau bukan masalah daya tampung dan akselerasi di kemudian hari. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa setiap file yang tersimpan pada memori ponsel, lama-lama akan menumpuk dan ketika sudah hampir penuh akan memberikan efek pada kinerja ponsel secara keseluruhan.

Belakangan, sejumlah produk ponsel menawarkan besaran memori internal yang besar. Tidak lagi di angka 64 GB yang sempat menjadi populer, tetapi sudah ke angka 128 GB, 256 GB, bahkan ada yang sampai 1 TB. Wih! Artinya ada pergeseran tren, dimana biasanya vendor cukup memberikan 32 dan 64 GB sebagai besaran memori internal yang “wajar”, menjadi lebih tinggi lagi.

Smartphone dengan besaran memori internal 128 GB sekarang sudah mulai terjangkau. Masuk ke dalam spektrum harga kelas menengah ke atas dan kebanyakan ditemani dengan RAM yang juga tidak kecil dan chipset yang mumpuni.

Sebagai contoh Huawei Nova 3i. Ponsel ini dijual dengan harga Rp 4.199.000 yang notabene harga yang relatif terjangkau di kelas mid-end. Ponsel ini, selain ditemani dengan chipset Kirin 710 juga membawa RAM 4 GB. Lalu sesuai dengan yang ditulis dalam TEST PULSA edisi kemarin, ponsel ini mengandalkan kamera dengan teknologi low light mumpuni, menjadikannya perangkat yang nyaman untuk jeprat-jepret gambar secara kontinyu, maka keputusan Huawei menanamkan storage 128 GB dianggap sebagai langkah yang tepat guna menyimpan file-file foto dan video yang kita abadikan dengan kamera ponsel ini. Harga yang ditawarkan Huawei nova 3i tersebut bisa dibilang merupakan yang terbesar untuk kelas harganya.

Apa Hubungan RAM dan ROM?

Jika kita bicara memori di ponsel, maka kita akan membicarakan dua bagian memori. Yakni RAM (Random Access Memory), yang secara sederhana bisa diartikan sebagai media untuk menyimpan data yang sedang bekerja pada sistem. Lalu ada ROM (Read Only Memory) yang berguna untuk menyimpan data yang akan mempengaruhi seberapa banyak foto, video, musik, dan aplikasi yang bisa Anda simpan di perangkat smartphone.


Keduanya bertanggung jawab terhadap kinerja ponsel. Yang satu bekerja mengakomodasi ruang untuk berjalannya satu atau dua aplikasi yang aktif secara bersamaan, sementara yang satu lagi karena bertugas menyimpan seluruh file yang dibutuhkan oleh ponsel maka akan mempengaruhi kecepatan smartphone dari waktu ke waktu.

Jadi, keduanya akan saling berkaitan. Maka dari itu wajar apabila kemudian produsen ponsel kerap mendampingkan kedua spek RAM/ROM ini ke dalam keterangan produk.

Kombinasi RAM/ROM Ideal

Setelah membaca bagian RAM dan ROM di atas mungkin Anda akan menyimpulkan bahwa semakin besar (RAM dan ROM) maka akan semakin baik. Benar, Anda pintar! Tapi apakah kita harus repot mencari kombinasi yang tepat untuk memilih sebuah ponsel?

Untuk range harga tertentu, pilihannya mungkin akan sangat sedikit. Apabila dana Anda tidak sebanyak itu, maka ukuran RAM 3 sampai 4 GB sudah dianggap mencukupi kebutuhan ponsel. Baik untuk kegiatan dasar, maupun untuk keperluan ekstrim, termasuk gaming. Sebuah studi yang dilakukan oleh developer GeekBench, John Poole, terhadap smartphone dengan RAM 4GB memperlihatkan bahwa rata-rata kebutuhan RAM perharinya hanya sekitar 2.3 GB saja, untuk mengoperasikan 47 aplikasi. Artinya ukuran RAM 4 GB ini dianggap sudah mumpuni. Itu pun perlu diperhatikan soal konsumsi dayanya. Karena semakin besar RAM, maka penggunaan daya akan semakin besar. Dengan demikian RAM 4GB dianggap ideal selama ponsel yang menggunakannya membawa manajemen daya yang juga apik.

Seperti yang pernah diungkapkan Toole kepada DIGITAL TRENDS, “Untuk smartphone, 4GB itu cukup sekarang”. Bahkan Poole menambahkan, “Feeling saya adalah bahwa beberapa vendor terlibat dalam perang spek di mana mereka membekali RAM yang berlebihan sederhananya hanya karena selling point saja — mereka bisa bilang ‘Lihat RAM yang kami punya lebih besar daripada pesaing kami, jelas smartphone kami lebih baik’.”

Beralih ke bagian ROM. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa semakin besar ROM maka akan semakin leluasa sebuah ponsel berakselerasi, membawa kita ke ekspektasi yang tidak terhingga. Jadi berapa besaran yang ideal?

Sejalan dengan berkembangnya teknologi chipset, teknologi yang memanfaatkannya pun kian berkembang. Mulai dari kompresi file yang makin berkualitas, pengembangan software yang kian aduhai dan kreasi konten yang memanjakan mata. Semua itu bisa diartikan dengan besaran file yang makin tinggi.

Dulu kita puas dengan tayangan video di standar definition (SD 480p). Lalu Anda mulai terpesona dengan tajamnya video 720p (HD), kemudian sekarang sudah tidak bisa lepas dari video yang FHD (1080p), itu pun belum berhenti karena siapa tahu ke depannya Anda akan menjadi die hard fans video-video 4K. Perubahan selera ini secara signifikan akan membutuhkan ruang yang lebih.

Di sisi aplikasi, Jika dulu game Candy Crush sudah yang paling top untuk Anda, sekarang mungkin sudah beralih ke PUBG. Dan sebagaimana layaknya game jaman now PUBG itu besarnya 1,64 GB. Mobile Legends: Bang-Bang juga tidak kecil, 1 GB. Jika sekiranya Anda mengumpulkan game seperti ini di ponsel, maka Anda butuh memori internal yang besar untuk menampungnya.

64 GB bisa dibilang sudah oke. Tapi jika di angka yang sama Anda menemukan produk dengan ROM 128 GB, rasanya tidak ada alasan untuk tidak memilihnya.

Apabila 1 foto beresolusi tinggi dengan kompresi rendah yang dihasilkan ponsel mencapai besaran rata-rata 3-5 MB, maka Anda bisa menyimpan sekitar 26 ribu foto. Itu banyak sekali. Dapat menyimpan memori Anda dari mulai pacaran hingga mungkin sampai menikah dan memiliki anak. Bagi Anda yang suka utak-atik video, baik merekam, mengedit atau sekedar mengoleksi video menarik milik orang lain, besaran memori 128 GB bisa memuaskan Anda, tanpa harus repot menghapus file ketika membutuhkan ruang lebih.

Kami tahu, Anda sudah bosan dengan notifikasi “Not enough Space” atau “Not Enough Memory” atau “Insufficient Storage Available” di perangkat Android Anda. Untuk menghindarinya, kami sarankan untuk memilih produk dengan memori internal yang cukup besar ketika memungkinkan.

Apakah 4/128 GB merupakan kombinasi paling ideal? Kalau dana tidak menjadi masalah, maka boleh jadi kami akan merekomendasikannya untuk Anda, sebagai ponsel yang bisa bertahan hingga 2-3 tahun ke depan.

Tapi perlu diingat bahwa keberadaan ROM dan RAM dalam mendukung performa ponsel juga tidak lepas dari sejumlah faktor lain, diantaranya adalah CPU, kapasitas baterai dan manajemen daya yang dimiliki oleh chipset, aplikasi yang terinstal, juga manajemen memori yang dilakukan oleh aplikasi-aplikasi tersebut.