pulsa-logo

SD Card sebagai Default Internal Memory


PULSA

Kamis, 29 November 2018 • 19:11

samsung galaxy a6+, android oreo,


Hai PULSA,

Saya mau tanya bagaimana cara membuat SD Card sebagai default internal memory di hp Samsung Galaxy A6+ dengan OS Android Oreo 8.0? Saya sudah mecoba transfer data dengan cara klk setting kemudian app & notification lalu pilih apps yang mau ditransfer ke SD Card. Apps yang saya pilih misal Angry Birds 2. Apps tersebut sudah berhasil ditransfer ke SD Card tapi memory internal hp saya tetap saja low. Mohon bantuannya karena saya baru pertama kali mengunakan android. Terima kasih. Sukses selalu

Christopher

Jawaban:

Hai Christopher,

Benar seperti yang sudah Anda lakukan, cara memindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal di produk Samsung adalah dengan cara seperti itu. Tapi memang jadi membutuhkan waktu lama dan hanya berlaku untuk aplikasi-aplikasi pihak ketiga bukan aplikasi bawaan Google dan Samsung.

Hal tersebut dianggap paling efektif karena Android menghilangkan kemampuan menginstal aplikasi langsung ke kartu memori tambahan. Jadi yang bisa Anda lakukan adalah menginstalnya di sistem (internal), lalu memindahkannya ke ruang kartu memori satu persatu.


Sebenarnya untuk Samsung, dulu ada cara yang lebih ampuh untuk atasi masalah ini, yakni dengan cara mengubah SD card Anda sebagai memori internal. Tapi sekarang, terkait dengan update Android dan UI Samsung Experience terbaru, kemampuan ini dihilangkan.