pulsa-logo

Mengganti Kartu Memori


PULSA

Rabu, 05 Desember 2018 • 15:16

Samsung Grand Duos GT-I9082, microsd


Samsung Grand Duos GT-I9082Samsung Grand Duos GT-I9082

Hai pulsa selamat malam, saya mau tanya, apabila mau mengganti kartu memori apakah sebelum nya melakukan

1. Flashing,

2. Restart handphone,atau

3. Tanpa melakukan kedua poin tersebut di atas. Mohon untuk saran nya.

Sebelum nya pernah mengganti kartu memori juga, entah bagaimana -+ 7 hari kartu memori tidak bisa di pakai/rusak

Ket: Hp Samsung Grand Duos GT-I9082

Syamsudin M


Jawaban:

Hai Syamsudin,

Kalau Anda mengikuti bahasan Tabloid PULSA sejak beberapa puluh tahun lalu, Anda akan menemukan kondisi dimana kita harus menonaktifkan ponsel sebelum mencabut atau mengganti memori card. Tapi seiring berjalannya waktu, proses ini tidak lagi diperlukan di ponsel-ponsel jaman sekarang.

Hanya saja, ada proses yang perlu diperhatikan saat ingin mencabutnya. Sejumlah pabrikan merekomendasikan kita untuk memilih opsi eject di setingan memory card sebelum mencabutnya dari satu ponsel. Hal ini sama seperti yang kita temukan pada saat kita akan mencabut flash disk dari perangkat komputer. Meskipun di sini masih terdapat perdebatan, karena perbedaan sistem operasi dan sebagainya.

Proses eject ini dimaksudkan agar sistem melepas semua proses yang “mungkin” masih dilakukan pada memori tambahan tersebut, seperti menulis cache dan sebagainya. Demi mengurangi masalah pada segmen-segmen data yang ada di kartu memori.

Nah, melihat permasalahan Anda kami melihat ada dua kemungkinan. Pertama, di sisi memory card. Seperti yang Anda tahu, akhir-akhir ini banyak sekali beredar kartu memori palsu di pasaran. Kata palsu bukan berarti Anda membeli kartu memori lalu di dalamnya isi roti. Kata palsu di sini adalah mengenai merek dagang yang terkadang sengaja ditempelkan di sebuah kartu memori yang defect, atau tidak sesuai dengan kapasitas yang dibawa. Terlebih lagi, kartu memori - kartu memori seperti ini tidak melalui proses quality control yang ketat sehingga kemungkinan rusaknya akan jauh lebih besar.

Kemungkinan kedua ada di sisi ponselnya. Saran kami, untuk memori card yang rusak tersebut, silakan dicoba di perangkat ponsel lain, apakah ada masalah di sana? Terbaca atau tidak? Apabila terbaca dan tidak ada masalah setelah 7 hari di ponsel lain, maka bisa jadi masalahnya ada pada ponsel Anda.

    2018-12-06 16:41:49


    microSD Slot Akan Dihilangkan?