pulsa-logo

microSD Slot Akan Dihilangkan?


PULSA

Kamis, 06 Desember 2018 • 16:41

microsd, tanya pulsa


Dear PULSA

apa semua brand smartphone android akan menghilangkan kartu memori?. Karna ada banyak handpone flagship yang no suprot microsd. Apa akan diganti oleh memori card yang akan ditanam langsung pada smartphone akan datang?. Mohon penjelasannya?.

Ibnu risfai

Jawaban:

Dear Ibnu,

Ini pertanyaan bagus sekali. Pengamatan Anda tepat. Sejumlah flagship Android mulai mengikuti langkah Apple yang tidak memberi ruang untuk memori tambahan.

Kalau kita bicara Apple, maka alasan mereka bermacam-macam. Mulai dari mengamankan iPhone dari serangan virus yang ditengarai banyak beredar dari penggunaan micro SD card, hingga alasan bisnis dimana Apple tengah gencar menjual iCloud alias penyimpanan data di sebuah server terdedikasi, sehingga memaksa pengguna iPhone dengan memori internal kecil menggunakan layanan tersebut. Entah mana yang benar.


Tapi jika kita mengesampingkan dugaan di atas, maka alasan lain adalah estetika. Dnegan menghilangkan slot Micro SD, ponsel akan jauh lebih ramping. Terlebih lagi, didukung oleh industri semikonduktor yang lebih baik, menghasilkan ssd dengan kapasitas besar namun dengan ukuran tetap ramping, mereka mungkin berfikir untuk apa lagi kita sediakan kartu memori apabila internal ponsel sendiri sudah besar hingga 256 GB. Besaran maksimal yang bisa ditampung oleh kinerja chipset ponsel jaman now.

Tapi hal ini tidak bersifat absolut. Melihat perkembangan konten yang kian membengkak, bukan tidak mungkin dukungan terhadap besaran memori internal ponsel ini akan meningkat dan keberadaan slot kartu memori akan tetap dibutuhkan.

    2018-12-06 15:38:33


    Smartfren 4G LTE

    2018-12-06 14:21:57


    Transfer Data Meizu M1 Note