pulsa-logo

Beda Android One dengan Stock Android?


Hairuddin

Kamis, 13 Desember 2018 • 14:51

Android, Android One, Android Google, Stock Android, Bedanya


Xiaomi Mi A2 Android OneXiaomi Mi A2 Android One

Hai PULSA,

Saya pembaca setia dari Lamongan loh.

Mau Tanya dong.

Apa sih bedanya Android One dengan Stock Android?

Bagus mana antara smartphone yang menggunakan Android One dengan Stock Android?

Mohon dijawab ya!

Salam,


M. Saputro-Lamongan

Hai Saputro,

Terimakasih sudah menjadi pembaca setia kami. Pertanyaannya menarik nih.

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, Android memiliki banyak versi. Selain yang versi umum, Google sendiri mengembangkan program khusus terkait platform Android-nya ini, Salah satunya adalah Android One. Awalnya, Android One dibuat untuk pengguna di Negara-negara berkembang dengan smartphone yang memiliki spesifikasi low-end. Namun belakangan, Android One diposisikan Google sebagai standar baru untuk smartphone.

Di sini, Google menyediakan dukungan penuh pada sistem operasi dan menjamin secara penuh update dari smartphone, termasuk update keamanan hingga sistem operasinya. Dan vendor smartphone bisa lebih fokus mengembangkan hardware. Artinya, vendor smartphone tidak bisa melakukan perubahan pada source code Android Google ini. Salah satu smartphone yang menggunakan Android One adalah Xiaomi Mi A2.

Sementara Stock Android merupakan sistem operasi dengan antar muka standar Android. Di sini, produsen smartphone dimungkinkan untuk melakukan perubaha-perubahan. Namun kebanyakan, smartphone yang menggunakan Stock Android ini benar-benar hadir dengan antar muka yang standar banget. Kecuali, sang vendor sedikit melakukan perubahan. Entah dengan menambahkan aplikasi atau fitur khusus. Contohnya di Asus Zenfone Max Pro M2.

Tidak seperti Android One yang selalu akan mendapatkan update otomatis dari Google jika ada perubahan, di Stock Android ini yang berwenang menghadirkan update justru dari pihak vendor. Karena standar ini, smartphone dengan Stock Android akan terasa lebih ringan dan stabil. Namun, antarmuka Stock Android ini biasanya tidak sebagus UI yang diikembangkan oleh produsen smartphone. Makannya banyak smartphone saat ini yang disokong pula dengan antarmuka khas masing-masing vendor semisal MIUI, EMUI, ColorOS, XOS Infinix dan sebagainya.

Nah yang kerap membingungkan, antarmuka Android One itu biasanya tidak jauh beda dengan smartphone yang menggunakan Stock Android. Apalagi jika vendor tidak melakukan perubahan dan tidak memiliki UI sendiri.

Garis besarnya, Android One sudah pasti stock Android, tapi stock Android belum tentu termasuk Android One.

Bagus mana antara Android One dengan Stock Android sih sebenarnya tergantung kebutuhan. Jika lebih percaya sama update langsung dari Google bisa pilih Android One. Namun jika cari smartphone dengan antar muka ringan dan bersih, Stock Android saja sudah cukup.

Semoga pertanyaannya terjawab ya!