pulsa-logo

Tips Sinkronisasi File dan Google Contacts ke Huawei Mate 30 Pro


Ahmad S.

Sabtu, 23 November 2019 • 20:43

huawei, mate, 30, pro, google, mobile, service


Hari ini (23/11) merupakan jadwal pengambilan pertama produk Huawei Mate 30 Pro bagi mereka yang sudah melakukan pre order. Menarik melihat antusiasme yang cukup besar dari calon pembeli, dan termasuk pembaca PULSA yang sudah melayangkan banyak pertanyaan melalui email, instagram maupun komentar di youtube.

Pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke meja redaksi, sesuai dugaan kita semua, adalah mengurucut ke masalah kekhawatiran mereka terhadap ketidakhadiran Google Mobile Service di dalam perangkat ini, yang membuat mereka bingung, Meskipun ada beberapa yang pertanyaanya sangat sederhana, semisal “masih bisa whatsapp-an, tidak?”.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, PULSA akan membuat sejumlah tips, bagaimana cara kita mensinkronisasikan kontak yang sudah terlanjur dikumpulkan ke dalam Google Contacts, dan cara memindahkan kontak, call logs aplikasi dan data dari ponsel lama ke ponsel Huawei Mate 30 Pro dengan cepat dan mudah.

 

TIPS Mensinkronisasikan Google Contacts dengan Cepat

1. Pastikan Anda masih memiliki ponsel lama Anda, atau menggunakan ponsel Android lain sebagai sarana sinkronisasi kontak ini.

2. Di ponsel lama, masuk ke kontak, dan pastikan kontak yang ada di ponsel ini berasal dari akun Google yang ingin Anda ambil datanyanya.


3. Caranya, klik titik tiga vertikal yang ada di ujung kanan layar, pilih settings.

4. Lalu pilih other accounts.

5. Pilih akun Google Anda, lalu ada halaman untuk menentukan apa saja yang mau disinkronisasikan, untuk tutorial kali ini kami hanya mengaktifkan Contacts saja. Lalu klik sync Now. Proses ini berjalan sangat cepat.

6. Beralih ke Huawei Mate 3 Pro, Anda bisa masuk ke kontak. Jika ini dilakukan pertama kali, maka kita akan menemukan pilihan untuk mengambil kontak dari mana.

7. Pilih import contatcs > lalu pilih Other device (WLAN Direct). Lalu kita akan diajak sistem untuk mengaktifkan WIFi Direct, dan memberi sejumlah izin digital, lakukan ini dan pastikan wifi direct menjadi aktif.

8. Kembali ke ponsel lawas, masuk ke settings, WiFi, lalu klik tombol titik tiga vertikal di ujung kanan atas setingan wifi, lalu pilih WiFi Direct, aktifkan.

9. Sama seperti di Mate 30 Pro, Anda akan melalui beberapa tahapan untuk membuka izin digital, dan pastikan wifi direct aktif.

10. Kembali ke Huawei Mate 30 Pro, di halaman import via WLAN Direct, Anda akan menemukan nama ponsel lawas Anda, klik nama ponsel lawas ini, dan biasanya Anda akan melewati sejumlah dialog mengenaik izzin digital, baik di mate 30 pro muapun di ponsel lawas Anda. Pastikan pilih allow dan enable.

11. Jika berhasil di mate 30 Pro akan muncul pertanyaan yang kira-kira berbunyi apakah Anda yakin untuk mengkopi v-card contact dari device lain, piliha ya dan proses pemindahan kontak akan berlangsung relatif cepat. Mudah, bukan?

Lalu bagaimana jika Anda ingin benar-benar memindahkan semua apps yang disupport atau memindahkan data-data selain data contacts? Ini juga mudah. Anda hanya perlu menyiapkan ponsel lawas Anda. 

Pada tips kali ini, PULSA menggunakan ponsel Huawei lawas yang sama-sama menggunakan EMUI. JIka ponsel lama Anda menggunakan EMUI Anda hanya perlu menggunakan satu aplikasi yang bernama Phone Clone di kedua ponsel. Caranya mudah dan cepat.

 

TIPS Memindahkan Data dari Ponsel Huawei Lama ke Huawei Mate 30 Pro

1. Siapkan ponsel huawei lama, buka apliaksi phone clone di folder tools.

2. Lakukan hal yang sama di Huawei Mate 30 Pro.

3. Di halaman awal, pilih jenis ponsel yang datanya akan dikloning. Pilihannya ada 3, yakni ponsel Huawei, Android lain, dan iOS. Untuk kesempatan ini kita pilih Huawei.

4. Di Huawei Mate 30 Pro, pilih ponsel ini sebagai New Phone. Yang kemudian akan memunculkan mode QR reader via kamera.

5. Sebaliknya di ponsel lawas, pilih plihan bahwa ponsel ini adalah old phone. Yang kemudian akan memunculkan QR code di ponsel lawas ini.

6. Baca QR code yang ada di ponsel lawas.

7. Lalu akan muncul halaman select data. Kita bisa memilih file-file apa saja yang mau dipindahkan, mulai dari kontak, call log, Documents, hingga App data.

8. Jika sudah puas dengan pilihan tersebut, (Kami sarankan untuk memilih juga Apps Data, karena ini bisa memindahkan aplikasi yang ada di ponsel lawas ke Huawei Mate 30 Pro) Anda bisa pilih transfer yang ada di bagian bawah. Selesai.

Jika Anda masih bingung, silakan simak video berikut ini.