pulsa-logo

Proteksi Foto dan Video di Windows Phone


Hairuddin

Senin, 09 September 2013 • 12:13


Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, smartphone  juga banyak dimanfaatkan sebagai media penyimpanan file seperti foto, video dan sebagainya. Namun, ada kalanya file yang disimpan ke smartphone sifatnya rahasia atau tidak untuk ‘dikonsumsi’ oleh orang lain. Kalau sudah begitu, langkah pengamanan perlu Anda lakukan.

Tak seperti platform OS smartphone lain, proses pengamanan file di Windows Phone terbilang sedikit agak berbeda. Bahkan, untuk memanfaatkan aplikasi proteksi layaknya di OS Android pun sangat terbatas. Pasalnya, sistem yang dimiliki Windows Phone sedikit lebih rumit, dan pengembang aplikasi pun masih terbatas.

Meski begitu, ada beberapa tools yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna Windows Phone yang ingin memproteksi file (khususnya foto dan video) yang ada di smartphonenya. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi “Photo Lock”. Aplikasi besutan Matheus Lustosa (MoiC4) ini ditawarkan dalam dua versi, yakni berbayar (Rp 8.550,-) dan gratis.

Secara teknis, proteksi file foto maupun video menggunakan aplikasi ini adalah dengan memindahkan file-file tersebut ke gallery yang ada di Photo Lock. Artinya, aplikasi ini akan membuat folder tersembunyi di luar folder bawaan sistem Windows Phone. Dan untuk mengakses foto/video yang sudah diproteksi/disembunyikan tersebut, harus menggunakan password khusus yang telah Anda buat pada saat mulai mengaktifkan aplikasi Photo Lock.

Nah, untuk yang ingin mencoba aplikasi Photo Lock ini, bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Download dan install aplikasi Photo Lock Free (untuk yang gratis) dari Windows Phone Store.



2. Selanjutnya, buat user akses dengan memvalidasi akun email.

3. Setelah ter-validasi, Anda harus mengaktifkan user akses dengan menekan ikon ‘kunci’.

4. Berikutnya, Anda diminta untuk membuat password. Di sini, Anda bisa memilih model dari password yang akan dibuat. Bisa berupa ‘Pattern’ atau model ‘Classic’.

5. Pilih “Creat password”. Jika Anda memilih password Classic, ketikan karakter yang ingin Anda gunakan sebagai password. Ketik ulang untuk mengkonfirmasi dan ‘Create password’.

6. Anda pun sudah bisa menggunakan aplikasi ini. Dan untuk mulai memproteksi file foto, Anda harus meng-import file foto yang tersimpan di memori default smartphone ke folder album yang ada di aplikasi Photo Lock.

7. Di halaman depan aplikasi Photo Lock, pilih ikon ‘import’ berupa tanda panah kebawah dan strip.

8. Berikutnya, Anda akan menjumpai daftar folder foto yang ada di sistem standar smartphone. Pilih salah satu foldernya, dan tentukan file foto mana saja yang ingin diproteksi. Anda bisa memilih semuanya atau foto-foto tertentu saja.

9. Jika daftar foto yang ingin diproteksi sudah dipilih, selanjutnya tekan menu “Save”. Dan foto-foto tersebut akan tersimpan di album aplikasi Photo Lock.

10. Langkah selanjutnya adalah menghapus daftar foto yang telah Anda proteksi menggunakan aplikasi Photo Lock dari gallery default smartphone Windows Phone Anda.

11. Jika Anda ingin melihat foto-foto yang telah diproteksi, buka aplikasi Photo Lock > ketik password. Di aplikasi ini, Anda juga bisa memindahkan file foto maupun video dari folder satu ke folder lain yang bisa Anda buat, atau menghapusnya dari daftar foto.

Catatan: Untuk file video, aplikasi Photo Lock tidak memungkinkan untuk meng-import file video yang ada di folder default smartphone. Jadi, khusus file video yang bisa diproteksi adalah file yang dibuat menggunakan aplikasi Photo Lock.

Selamat mencoba!

@hairuddin_ali