pulsa-logo

Efektif di Browser dengan Shortcut


Anwar Aburizal

Rabu, 02 Oktober 2013 • 16:24


Apapun smartphone yang digunakan, tentu aplikasi internet browser masuk kedalam daftar 5 besar aplikasi yang paling sering dimanfaatkan. Begitu pula bagi Anda pengguna BlackBerry 10 tentunya.

Melihat fungsinya tentu bukan hal yang mengherankan jika fitur yang satu ini punya posisi begitu penting di ponsel Anda. Dengan seringnya penggunaan browser, pastinya akan sangat menyenangkan jika Anda mengetahui sejumlah jalan pintas untuk menjalankan fungsi tertentu pada browser BlackBerry 10.

Dengan menggunakan shortcut ini Anda bisa berinternet dengan lebih efektif karena beberapa shortcut ini akan menghemat beberapa langkah untuk menjalankan satu fungsi atau fitur pada browser dibanding ketika menggunakan cara biasa. Berikut diantaranya:

1.    Jika Anda menggunakan  BlackBerry seri Q yang memiliki papan ketik fisik seperti BlackBerry Q5 dan Q10, maka Anda bisa langsung menggunakan shortcut ini. Namun jika yang digunakan tidak memiliki keyboard fisik seperti Z10, maka sebelumnya Anda harus memunculkan keyboard virtual. Bukan dengan klik pada area address bar karena papan ketik yang muncul hanya akan berfungsi untuk mengetikkan alamat situs dan tidak menjalankan fungsi shortcut. Caranya adalah dengan mengusap layar (swipe) menggunakan dua jari dari area margin di bawah layar yang bertuliskan BlackBerry.

2.    B : Tombol ini bisa digunakan untuk langsung menuju bagian paling bawah dari halaman web yang sedang ditampilkan. Akan sangat lebih menghemat waktu dibanding melakukan scrolling dengan swipe terutama pada halaman yang sangat panjang.

 


3.    T : Menjadi kebalikan dari poin nomor 2, tombol ini bisa digunakan untuk kembali ke bagian paling atas dari halaman web tertampil.

 

4.    spasi : Tombol ini bisa digunakan untuk menurunkan tampilan halaman web (scroll down) seukuran satu halaman.

 

5.    I : Tombol ini bisa digunakan untuk melakukan pembesaran (zoom in)

6.    O : Sementara tombol ini bisa digunakan untuk memperkecil tampilan (zoom out)

 

7.    P : Gunakan tombol ini untuk kembali ke halaman situs yang dibuka sebelumnya.

8.    N : Kebalikan dari poin 7, tombol ini berfungsi untuk menuju ke halaman berikutnya. Tombol ini hanya berfungsi setelah Anda kembali ke halaman sebelumnya (poin 7).

 

9.    R : Tombol ini bisa digunakan untuk beralih ke reader mode secara cepat. Bagi yang belum tahu, dengan mengaktifkan reader mode halaman situs yang tertampil hanya menyajikan tulisan dan gambar yang merupakan bagian dari artikel utama halaman situs yang bersangkutan.

10.    H : Tombol ini digunakan untuk menampilkan History. Disini, Anda bisa melihat situs apa saja yang dikunjungi sebelumnya.

11.    K : Tombol ini digunakan untuk menampilkan Bookmark.

12.    L : Tombol ini bisa digunakan untuk melakukan reload pada halaman yang sedang tersaji. Me-reload kembali halaman situs akan diperlukan pada kondisi tertentu. Misalnya Anda berada pada halaman forum, Anda akan perlu me-reload halaman untuk melihat posting terbaru pada forum tersebut.

Anwar Aburizal