pulsa-logo

8 Fitur Tersembunyi di iOS7


Ahmad S.

Senin, 21 Oktober 2013 • 10:26


Edisi lalu kita telah membahas tentang iOS 7, tapi ada beberapa hal menarik di OS anyar ini yang belum dibahas di edisi lalu. Yaitu banyak fitur baru yang tidak tertampil secara kasat mata, atau setidaknya membutuhkan perhatian khusus baru bisa kita menyadarinya.

Ada sekitar 8 fitur unik, menarik dan tersembunyi di iOS 7, mereka adalah:

1. Ikon Jam

Apa yang menarik dari ikon ini? Coba Anda perhatikan lebih baik lagi, ikon jam di iOS7 menunjukkan waktu secara real time. Artinya bentukan jam analog ini menunjukkan tepat pada waktu yang sama dengan jam digital yang tertera di bagian atas ponsel.

Coba cek gambar berikut ini untuk bisa meyakinkan Anda.

2. Timestamp pada Text Message


Uniknya fitur message pada iPhone, selain menggunakan bubble sebagai penampil pesan, kita tidak diberitahu detil dari pesan itu kecuali dipisahkan berdasarkan tanggal diterima. Kalaupun ada informasi waktu kapan pesan itu diterima, hanya muncul saat pertama kali pesan kita buka. Setelah itu hilang.

iOS 7 memperbaiki itu. Namun tersembunyi alias tidak serta merta muncul ketika kita membuka fitur ini. Bagaimana caranya? Geser semua pesan Anda dari kanan ke kiri, maka akan muncul informasi waktu jam berapa pesan diterima.

3. Daftar Telepon yang di Blok

Kali ini iOS7 juga membawa fitur yang mungkin bermanfaat bagi Anda, yakni Blocked call. Fitgur ini memungkinkan Anda meghindari telepon masuk dari kontak atau nomor-nomor tertentu yang tidak disukai.

Caranya masuk ke Settings > Phone > Blocked. Anda bisa menambahkan sejumlah nomor telepon di daftar ini.

4. Menutup Banyak Aplikasi Sekaligus

Seperti yang Anda ketahui, multitasking di iOS 7 ini sudah cukup advance. Artinya sejumlah aplikasi bisa berjalan secara bersamaan meski tidak sedang ditampilkan di layar utama. Dan mungkin sekarang Anda tahu bagaimana menutup aplikasi, yakni dengan menggeser halaman kecil itu ke atas. Tapi tahukah And abahwa kita bis amenutup banyak aplikasi sekaligus?

Di iOS7 hal tersebut dimungkinkina. Caranya mudah, yakni dengan menekan tombol home dua kali, lalu usahakan agar aplikasi-aplikasi tersebut tertampil minimal dua di layar ini, lalu gunakan dua atau tiga jari Anda untuk menggeser ke atas tiga ikon aplikasi tersebut untuk menutup 2 hingga 3 aplikasi secara bersamaan.

5. Waterpass di iPhone?

Anda tahu bagaimana tukang bangunan menata batu bata agar tidak miring? Ya, mereka menggunakan alat yang disebut waterpass. Atau dalam bahasa Inggris kita juga bisa menyebutnya Leveling meter. Ya dengan iPhone kita bisa mengukur kerataan suatu benda. Atau untuk membuat garis?

Caranya, masuk ke fitur compass. Lalu geser sekali ke kiri. Akan tertampil seperti ini. Jika ponsel Anda berada di permukaan yang rata maka angkanya akan menunjuk pada angka 0 derajat dan layar berubah berwarna hijau.

6. Night Mode di Peta

Peta-peta pihak ketiga telah memiliki fitur night mode, dimana layar akan meredup sementara jalanan dan ikon penting akan memancar lebih kuat. Hal ini untuk mempermudah si pengendara untuk tetap mengenali instruksi dan navigasi sambil tetap berkonsentrasi pada jalanan.

Tidak ada cara khusus untuk mengaktifkan atau menonaktifkan karena ini merupakan fitur bawaan yang berjalan secara otomatis dengan jam lokal sebagai pemicu.

7. SIRI untuk akses Setting

Sekarang Anda bisa mengakses menu setting lewat SIRI atau langsung memerintahkan SIRI untuk memeatikan fitur-fitur yang tidak digunakan. Semisal WiFi, Bluetooth atau bahkan Cellular data (3G/LTE) langsung dari SIRI.

Hal ini akan menguntungkan ketika Anda harus buru-buru mengaktikan atau menonaktifkan fitur-fitur ini. Yang mana sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh si SIRI ini.

8. Near ME pada apps

Apabila Anda membutuhkan rekomendasi aplikasi terbaik, Anda bisa langsung menuju ke Appstore > Near Me. Dengan fitur ini Anda bisa melihat aplikasi-aplikasi saja yang favorit, yang banyak digunakan oleh orang-orang yang tinggal di sekitar temapat Anda berada, atau hanya sekedar rekomendasi aplikasi-aplikasi yang cocok Anda gunakan di tempat tersebut.

Bagaimana, banyak fitur baru kan?  Wajar apabila iOS 7 membutuhkan ruang yang lebih dalam instalasinya. Apa Anda menemukan fitur tersembunyi lain di iOS7? Yuk Anda bisa berbagi via twitter dengan mention @tabloidpulsa atau @redaksipulsa.