pulsa-logo

Install Aplikasi Android ke BB 10 Lewat Browser


Anwar Aburizal

Rabu, 23 Oktober 2013 • 11:57

Aplikasi Android, BB 10, Browser, Tabloid Android Indonesia, komputer, Google Chrome, Instal Chrome, PlayBook App Manager, bookmark, Development Mode, Security and Privacy, tabloid pulsa


Sebelumnya PULSA pernah memberikan tips untuk mengkonversi file instalasi aplikasi Android berformat .APK menjadi aplikasi untuk perangkat berbasis BlackBerry 10 berformat .BAR. Namun cara tersebut memang tergolong rumit dan membutuhkan proses panjang hingga akhirnya bisa dijalankan di perangkat BB 10 Anda.

Di edisi kali ini, PULSA akan berbagi cara menginstal atau men-sideload file .BAR dengan cara yang lebih mudah, bahkan mungkin inilah cara termudah untuk melakukannya. Caranya dengan memanfaatkan sebuah extension untuk browser besutan Google yaitu Chrome. Berikut langkah-langkahnya.

1. Yang sebelumnya harus dimiliki di komputer Anda tentu saja browser Google Chrome. Jika belum, Anda bisa mengunduhnya secara gratis dari www.google.com/chrome. Instal Chrome ke komputer, lalu jalankan.

2.  Kemudian kunjungi Chrome Web Store untuk menginstal extension yang diperlukan di alamat https://chrome.google.com/webstore. Gunakan kata kunci "PlayBook App Manager" pada kolom pencarian.



3.  Ketika sudah ditemukan, instal extension yang dimaksud ke dalam Chrome.

4.  Setelah selesai diinstal, sebuah halaman situs akan terbuka secara otomatis pada jendela Chrome. Tandai (bookmark) halaman tersebut.

5.  Beralih ke perangkat BB 10 yang digunakan. Aktifkan "Development Mode" pada menu Settings > Security and Privacy > Development Mode. Switch pilihan "Use Development Mode" ke posisi On. Perhatikan IP Address pada menu Development Mode tersebut.

6.  Kembali ke komputer, masukkan IP pada langkah sebelumnya ke kolom Device Hostnames/IPs di halaman yang telah di bookmark pada langkah 4.

7.  Berikutnya hubungkan perangkat BB 10 Anda ke komputer. Setelah dikenali, klik IP perangkat Anda yang terdaftar dibagian "Manage Your Device" pada halaman tertampil.

8.  Jika Anda menerima pesan error seperti ini, klik Proceed Anyway. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

9.  Pada halaman yang tertampil berikutnya, masukkan password kemudian klik login.

10.  Berikutnya Anda akan melihat tampilan App Manager. File .BAR yang sudah Anda miliki bisa di-sideload (install) ke perangkat BB10 dengan sistem drag & drop. Jika berhasil Anda akan melihat pesan di kiri atas tampilan halaman.

11.  Selain menggunakan tips yang pernah PULSA bagi sebelumnya, pengguna bisa mengkonversi file .APK menjadi .BAR dengan bantuan situs tertentu. Anda bisa menemukan beberapa situs yang memiliki layanan konversi .APK ke .BAR dengan melakukan pencarian di Google dengan kata kunci .APK to .BAR.

@yuanzroc