pulsa-logo

2-Step Verifications


PULSA

Senin, 11 November 2013 • 14:49


Bagi Anda pengguna Android pasti sudah cukup familiar dengan akun Google. Ketika pertama kali menggunakan aplikasi tersebut, Anda pasti akan diminta untuk memasukkan password terlebih dulu. Namun begitu seiring dengan melonjaknya popularitas Android, ancaman keamanan seperti spyware dan malware juga kian meningkat. Untuk mencegah agar password yang Anda gunakan bocor maka Anda bisa menggunakan 2-step verification. Dengan 2-step verifications, setiap kali hendak login ke akun Google pengguna akan diminta untuk menggunakan kode tambahan tertentu yang dikirimkan lewat ponsel setelah memasukkan passwword.

1.    Masuk Ke Gmail dari komputer Anda lalu klik foto Anda dan pilih Account.

2.    Selanjutnya Anda akan masuk ke setting akun GMail Anda.

3.    Pada sisi kiri halaman akun, silakan pilih security. Selanjutnya scrol kebawah hingga pada menu 2-step verifications dan pilih edit.



4.    Begitu masuk ke menu 2-step verifications, lanjutkan dengan start setup.  Anda harus memasukkan lagi password GMail Anda untuk melanjutkan.

5.    Berikutnya masukkan nomor ponsel yang akan digunakan oleh Google untuk mengirimkan kode keamanan tambahan setiap saat Anda login ke akun Google.

6.    Begitu Anda selesai memasukkan nomor ponsel, Google akan mengirimkan SMS berisi kode ke ponsel Anda. Silakan isi kode yang Anda terima lewat SMS ke form yang disediakan.

7.    Setelah mengklik Verify, maka Anda akan dimintai konfirmasi bahwa komputer yang Anda pakai ini dapat dipercaya.

8.    Setelah konfirmasi diberikan maka Google hanya akan meminta kode setelah password dimasukkan saat hendak login ke akun GMail dari perangkat manapun selain komputer yang Anda percayai.

9.    Anda juga dapat membuat password khusus untuk aplikasi seperti GTalk, GMail for iPhone dan sebagainya. Password khusus aplikasi tersebut dapat digunakan jika Anda akan login ke akun GMail yang belum mendukung 2-Step Verification.

10.    Begitu Anda memilih Generate Password, maka Anda akan melihat password khusus sebagai pengganti password Google Anda.