pulsa-logo

SmugMug, Aplikasi Pengolah Foto


Hito Handoko

Rabu, 13 November 2013 • 13:56


Untuk pemilik beberapa perangkat Android kelas high-end mungkin tak asing dengan "SmugMug", sebuah aplikasi tambahan untuk fitur Kamera bawaan yang ada di smartphone atau tablet merek ternama pada tipe tertentu. Nah, SMugMug hari ini (13/11) sudah lepas dari versi beta dan tersedia di Google Play Store.

Keistimewaan pengunaannya adalah mereka yang memakai aplikasi ini akan sangat terbantu dalam hal aktifitas pemotretan foto, dimana saat membidik target gambar foto akan dimudahkan panduan  tampilan layar khusus yang mampu menstabilkan gambar bahkan momen perekaman video. Misalkan saja dalam hal pengaturan white balance, ISO, dan eksposur. Gambar juga dapat diambil dalam beberapa resolusi dan ada beberapa pilihan pengeditan.

Disebutkan pula seperti dilansir Phonearena bahwa andai saja perangkat tertentu didukung oleh chipset Nvidia Tegra, maka aplikasi SmugMug tersebut juga akan  memiliki fitur khusus video slow-motion, enhanced stylus support and enhanced HDR.

Berbagi hasil foto lewat sosial media juga dimungkinkan secara langsung sebagaimana aplikasi jejaring sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram.

Sayangnya aplikasi SmugMug ini masih berbayar USD 2,99 dan tak dapat dinikmati oleh semua tipe gadget Android, hanya kompatibel dengan Samsung Galaxy S III, Samsung Galaxy S4, Samsung GALAXY Note II, Samsung Galaxy Note 3, Nexus 4, Nexus 5, Nexus 7, Nexus 10, Sony Xperia Z, Motorola Moto X, HTC One, Motorola DROID Razr, Amazon Kindle Fire HDX 7 dan Amazon Kindle Fire HDX 8.9. (Hito)