pulsa-logo

Sembunyikan Aplikasi Penting dan Berbahaya


Ahmad S.

Minggu, 05 Januari 2014 • 07:02

sembunyikan, aplikasi, penting, berbahaya , spesifikasi


Anda mungkin pernah mendengar keluhan beberapa orang tua tentang tagihan kartu kredit mereka yang membengkak. Setelah dicek, semua tagihannya menuju pada transaksi ke AppStore melalui aplikasi-aplikasi game casual yang biasa dimainkan oleh anak-anak mereka. Pernah terjadi pada Anda?

Sebelum hal itu terjadi, terutama bagi Anda yang mendaftarkan kartu kredit ke dalam akun Apple ID Anda, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut. Beberapa diantaranya sudah dibahas pada tips privasi beberapa edisi lalu.

Set Password Lock

Seorang rekan bilang tidak bisa membiarkan iPadnya tergeletak sebentar saja. Ya, Anak mereka akan segera menggunakannya untuk sekedar foto-foto atau bermain game. Batasi hal ini, jika memang bisa hanya dengan mengurangi minat mereka menggunakan password, maka ini bisa jadi gerbang utama dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Jangan khawatir meskipun anak Anda salah memasukkan password sebanyak 10 kali dan ponsel Anda akan tidak dapat berfungsi, Anda bisa merestart ponsel atau tunggu selama 1 menit untuk menggunakan ponsel kembali.

Caranya: Settings > General > Passcode Lock



Gunakan Auto-Lock paling cepat untuk menghindari anak-anak yang menunggu Anda lengah.

Caranya: Settings > General > Auto-Lock > Immediately

Sembunyikan Aplikasi Penting dan Berbahaya

Selain mampu bertransaksi tanpa sepengathuan kita, kadang anak-anak dengan keluguannya bisa saja bersifat destruktif ketika berhubungan dengan fitur sms dan chat. Terutama jika Anda memiliki kontak bos Anda di dalam ponsel. Jangan sampai anak Anda mengirimkan pesan ‘aneh’ ke dalam grup atau langsung ke bos Anda.

Selain itu, sejumlah aplikasi pemutar video misalnya, yang memang berpotensi untuk memunculkan konten yang belum sesuai dengan usia mereka. Bahkan Youtube atau Browser internet bisa berbahaya bukan?

Untuk kebutuhan ini iPhone punya fitur semacam child lock yang mereka nama Restriction. Berikut ini cara menggunakannnya.

Settings > General > Restriction > Enable Restriction > Masukkan 4 angka untuk restriction > Masukan kembali 4 angka yang sama >  matikan aplikasi-aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Geser slider di samping kanan hingga tidak berwarna hijau. Semisal Safari browser.

Untuk mencegah anak melakukan transaksi saat bermain game (in-apps Purchasing), Anda bisa nonaktifkan melalui deret setingan yang sama. Non aktifkan In- App Purchases.

Jika Anda takut anak Anda menghapus aplikasi penting, Anda pun bisa menonaktifkan kemampuan menghapus apps (Deleting Apps).

  

Atur konten di browser jika Anda memilih membiarkan browser tampil di homescreen. Didalamnya Anda bisa mengatur lalu lintas data yang melalui server. Dapat membatasi konten-konten yang dianggap ‘konten dewasa’ agar tidak sampai ke mata nak-anak Anda, atau secara manual Anda mengatur situs apa saja yang diperbolehkan atau tidak.

Caranya sama, yakni melalui pengaturan Restriction, geser ke bawah sampai menemukan pengaturan Allowed Websites.

 

Banyak hal yang bisa Anda atur kok di Restriction. Terlalu banyak untuk dibahas semua di sini. Yang pasti Anda bisa melakukan gaya ’try and error’ dan begitu dirasa terlalu banyak mengacaukan ponsel, Anda tinggal disable restriction, masukkan password nya dan ponsel akan kembali normal. Lakukan ini jika Anda berada di kantor atau sedang jauh dari anak-anak Anda. Gampang kan?

Mengatur Konten dari Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda memilih untuk membiarkan putra-putri bermain dengan Youtube di iPad, Anda pun bisa mengatur konten apa saja yang bisa mereka buka melalui pengaturan di aplikasi Youtube-nya.

Anda bisa mengatur pencarian konten ke Strict, atau ketat. Hal ini untuk menghindari konten-konten yang mengandung video yang kurang sesuai umur atau video musik dengan lirik-lirik yang kurang senonoh.

Instal Game yang Sesuai UMUR

Saat menginstal game melalui AppStore, selalu ditayangkan bagaimana rating game tersebut terhadap penggunannya. Sejumlah game ada yang memberi rating 9+ karena memperlihatkan kekerasan dalam animasinya. Atau ada yang memang dibuat untuk segala umur.