pulsa-logo

Fitur Parental, Hindarkan Anak Berbuat Nakal


PULSA

Jum'at, 17 Januari 2014 • 12:44

Fitur Parental, Anak anak, Nakal, BlackBerry, tabloid pulsa


 

Tentu pembaca setia PULSA seperti Anda sadar benar bahwa smartphone yang digunakan siap membantu apapun kegiatan Anda baik yang bersentuhan dengan pekerjaan maupun untuk hal yang bersifat pribadi. Termasuk diantaranya menenangkan anak Anda yang rewel dengan meminjamkan ponsel untuk digunakan bermain game atau menonton acara favoritnya secara online.

Namun adakalnya Anda tidak bisa mengawasi seluruh kegiatan si anak dalam berponsel. Untuk itulah fitur parental control dibuat, yakni untuk memberi kontrol kepada orang tua akan fitur dan komunikasi seperti apa saja yang dilakukan dengan ponsel yang digunakan.

 

BlackBerry 10 pun punya fitur tersebut, yang mungkin tidak selalu dibutuhkan namun sangat membantu ketika diperlukan. Berikut cara penggunaan fitur Parental Control pada BlackBerry berbasis BB 10.

 

1. Fitur Parental Control tersedia pada pilihan menu Settings> Security and Privacy> Parental Control.


 

 

2. Ubah pilihan “Parental Control” untuk mengaktifkan fitur ini.

 

 

3. Berikutnya Anda akan diminta untuk membuat password yang nantinya dibutuhkan jika ingin menon-aktifkan fitur ini.

 

 

4. Anda bisa menandai pilihan Add recovery question, jika merasa ada kemungkinan bahwa password yang dipilih bisa terlupa. Jika Anda menandainya, maka berikutnya Anda akan diminta untuk membuat pertanyaan berikut jawabannya untuk digunakan jika suatu saat Anda lupa password fitur parental control yang sudah dibuat.

 

 

5. Secara umum, terdapat 3 komponen utama pada menu parental control. Yang pertama "Phone and Text Message Restriction" yaitu pilihan yang membuat ponsel hanya dapat menerima panggilan telepon atau pesan SMS masuk hanya dari nomor yang berada dalam kontak ponsel.

 

 

6. Lalu pilihan Application Usage, yaitu pengguna sebagai orang tua bisa memilih aplikasi apa saja yang bisa digunakan oleh anak. Ubah pilihan ke Off untuk mematikan fungsi tertentu pada ponsel.

 

 

7. Lalu yang terakhir adalah "BlackBerry World Usage" yang memberi kontrol kepada orang tua akan akses ke BlackBerry World untuk penambahan game atau aplikasi. Anda bahkan bisa menentukan konten seperti apa yang bisa diakses anak berdasarkan rating konten bersangkutan.

 

 

8. Berikutnya Anda akan menemukan perbedaan pada menu ponsel sesuai dengan pengaturan yang telah dilakukan. Seperti misalnya pada gambar menu berikut, dimana setelah PULSA mematikan pilihan Application Usage pada kamera maka ikon kamera disudut kanan bawah hilang, begitu pula ikon aplikasinya.