pulsa-logo

Trik Cerdik BB10: "Paksa" BBM Tampilkan Gambar Utuh Sebagai DP


Anwar Aburizal

Jum'at, 07 Februari 2014 • 13:22

Trik Cerdik BB10, BBM, foto, video, aplikasi, Facebook, Twitter, BlackBerry 10, BlackBerry


Mungkin banyak yang kurang memperhatikan bahwa disamping rasio 4:3 dan 16:9 yang umum digunakan, kini rasio 1:1 atau berbentuk kotak juga mulai populer untuk digunakan pada foto dan video.

Tengok saja aplikasi jejaring sosial berbasis foto yang super populer, Instagram, yang menggunakan rasio 1:1 sebagai standar. Begitu pula pada aplikasi Vine yang berbasis video.

Dan yang paling mudah diperhatikan yaitu pada akun jejaring sosial Facebook dan Twitter yang meski penggunanya bisa memilih foto dengan rasio 4:3 atau 16:9 sebagai profile picture, namun tetap saja yang tertampil pada timeline atau news feed hanya berbentuk kotak.

Karena populernya, beberapa kamera melengkapi pilihan rasio gambar dengan 1:1, seperti halnya pada fitur kamera perangkat BlackBerry 10.

Seperti halnya Facebook dan Twitter, aplikasi chatting andalan BlackBerry, BBM, menampilkan display picture (DP) berbentuk kotak (rasio 1:1). Bedanya pengguna tidak bisa memilih foto berbentuk persegi panjang baik dengan orientasi portrait maupun landscape.

Nah, lalu bagaimana jika Anda punya foto diluar rasio 1:1 dan ingin menjadikannya DP di BBM?


Dengan memanfaatkan fitur photo editor bawaan dan kemampuan screen capture dari BlackBerry 10, PULSA punya trik yang bisa "memaksa" BBM untuk menampilkan foto Anda secara utuh di DP. Berikut caranya:

1.    Buka foto yang ingin digunakan sebagai DP dari galeri. Boleh dengan orientasi landscape maupun portrait.

2.    Pinch zoom untuk memperkecil gambar dengan dua jari. Tidak perlu terlalu kecil agar gambar tetap jelas.

3.    Sambil tetap meletakkan dua jari di layar untuk pinch zoom, tekan dua tombol pengatur volume secara bersamaan untuk melakukan screen capture.

4.    Berikutnya Anda akan melihat satu foto baru di galeri hasil screen shot. Buka foto tersebut.

5.    Klik more di sudut kanan bawah. Pilih "Set As".

6.    Pilih BBM Picture.

7.    Sesuaikan dengan bingkai cropping. Klik Done.

8.    Anda akan melihat Display Picture Anda menampilkan foto secara utuh dengan bingkai hitam di kanan-kiri jika orientasi gambar portrait, dan di atas-bawah jika foto yang digunakan dalam orientasi landscape.

@yuanzroc