pulsa-logo

Maksimalkan Fungsi iPad, Sulap iPad Jadi Layar Sekunder (bagian 1)


PULSA

Rabu, 12 Februari 2014 • 15:42


Apakah Anda masih menggunakan iPad sebagai alat produktivitas sehari-hari? Atau iPad Anda kini hanya digunakan oleh anak-anak Anda atau dibiarkan berdebu di laci meja kerja Anda? Memang tak bisa dipungkiri meskipun memiliki sistem yang paling stabil dan aplikasi yang beragam, iPad kadang tidak bisa menggantikan peran desktop komputer (baik pc maupun mac) atau pun konsol game semisal Playstation ataupun Xbox. Hal inilah yang membuat tablet ini kerap lebih banyak menganggur di rumah ketimbang digunakan untuk bekerja.

Seperti halnya iPad redaksi PULSA. Selain untuk meeting dan presentasi, kebanyakan akan tersimpan rapi di meja dan itu kami rasa sangatlah mubazir. Maka mulai edisi ini PULSA akan membuat sebuah  tulisan untuk membawa Anda kembali mengoptimalkan iPad tersebut menjadi sebuah perangkat yang lebih berguna.

Bagian satu ini kita akan membahas iPad menjadi layar sekunder. Alias layar kedua untuk perangkat komputer Anda.

Pernah ga sih kita harus bolak balik menginput data dari dua halaman aplikasi yang berbeda. Misalnya dari dua sheet Excel atau Words, atau mengontrol musik sambil bekerja. Dari pada berpindah-pindah halaman menggunakan alt+tab, atau command+tab, kitabisa memisahkan satu file untuk tertampil di iPad yang dilatakkan di sebelah display laptop Anda. Terdengar menarik? Yuk kita ikuti tips berikut.

1. Download aplikasi ketiga untuk keperluan ini. Pilihannya ada 2, yakni Air Display atau MaxiVista. Keduanya berbayar, sama-sama di angka Rp 95 ribu. Tidak mahal jika dibandingkan kemampuan yang bisa diberikan kepada iPad Anda yang jarang digunakan. Di tips ini kami menggunakan Air Display 2. Karena dianggap yang lebih stabil.

2. Download juga driver untuk PC/Mac melalui situs berikut, getairdisplay.com melalui browser pc/mac.


3. Setelah keduanya terinstal, aktifkan aplikasi ini baik di iPad maupun di PC/Mac. Pastikan keduanya berada di jaringan WiFi yang sama. Pada bagian PC, klik ikon Air Display yang terletak di menu bar, lalu Anda akan mendapatkan sebuah kolom dialog seperti berikut.

4. Jika Air Display di iPad sudah aktif, maka secara otomatis Air Display di PC/Mac akan mengenali iPad secara otomatis. Anda hanya tinggal mengkil tanda conncet yang muncul jika Anda mengerakan mous ke dekat ikon iPad tersebut.

5. Jika sudah terhubung maka layar akan berkedip beberapa kali dan Anda akan menyadari bahwa layar komputer atau laptop Anda kini sudah lebih lebar. Cara membuktikannya adalah dengan mengerakkan kursor ke area imaginatif ke kiri atau ke kanan layar.

6. Letakkan iPad di kiri atau kanan layar sesuai dengan ruang tambahan yang diciptakan aplikasi ini. Dalam percobaan kami, kadang ada di kanan (untuk PC) kadang ada di kiri (Mac). Bisa jadi Anda akan merasakan fenomena yang berbeda.

7. Buka program yang Anda inginkan di layar sekunder dengan cara menarik (men-drag) windows ke layar sekunder, lalu Anda bisa perbesar ukurannya di sana.

8. Menariknya, jika Anda menggunakan PC berbasis Windows 7, maka aturan full screen atau half screen windows pun berlaku pada layar sekunder yang ada di iPad ini. Artinya Anda bisa geser windows program hingga ke margin kiri untuk menampilkannya setengah halaman di kiri, atau ke atas untuk membuatnya full screen di layar sekunder. Anda bisa memutar lagu dengna tampilan Playnow di iPad misalnya, tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda di layar laptop. Atau Anda bisa membuaka file MS Word yang terpisah di layar iPad untuk menjadi rujukan saat Anda mengetik di file MS Word lain di layar utama.

9. Meskipun masih ada lag ketika digunakan untuk menonton video, karena memang fungsi utamanya bukan untuk itu, tapi Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan tersebut.

Tips ini juga berlaku bagi Anda yang tertarik melakukan presentasi dengan iPad. Baik sebagai display presentasi atau kontroler.

Sampai bertemu di tips lain untuk mengoptimalkan kembali iPad lawas Anda.

(Bersambung ke bagian 2)