Segudang Fitur Baru BlackBerry 10.2.1

Prev
Next »

Sudah setahun sejak BlackBerry 10 hadir secara resmi (30 Januari 2013). Dan sebagai hadiah ulang tahun bagi sistem operasi termutakhirnya tersebut, BlackBerry merilis update yang sudah ditunggu-tunggu oleh para pengguna setia BlackBerry 10.

Tepatnya tanggal 28 Januari lalu, update BlackBerry 10.2.1 telah tersedia bagi beberapa perangkat berbasis BlackBerry 10. Ada hal yang sangat menarik pada update paling anyar tersebut. Jika Anda mengikuti pemberitaan tentang update ini, tentu Anda sudah mengetahui bahwa di versi 10.2.1 BlackBerry 10 memungkinkan untuk menginstal aplikasi Android ke perangkat BlackBerry 10 Anda semudah menginstalnya di perangkat berbasis Android asli.

Tak sampai disitu, BlackBerry menambahkan beberapa fitur baru untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan BlackBerry 10. Berikut beberapa diantaranya:

1. Tap to Open di Notifikasi Lockscreen

Jika sudah menggunakan versi 10.2 di perangkat BlackBerry 10, Anda tentu sudah familiar dengan notifikasi yang muncul di Lockscreen, yang ketika disentuh akan menampilkan sebagian informasi yang berkaitan dengan notifikasi tersebut. Misalnya jika berupa email, maka saat menyentuh ikon email Anda dapat melihat pengirim serta subjek email yang masuk.

Di versi 10.2.1 BlackBerry sedikit menambahkan fungsi pada notifikasi locksreen dimana setelah menampilkan informasi seputar notifikasi yang masuk, pengguna bisa langsung membuka pesan tersebut dengan menyentuhnya kembali.

1

2. Pinch gesture filter pada BlackBerry Hub

Di versi 10.2.1 BlackBerry menambahkan fitur pada BlackBerry Hub bernama pinch gesture filter. Dengan fitur ini, saat melakukan pinch atau gerakan seperti mencubit layar (seperti melakukan zoom out pada layar multi touch) Hub akan menyaring pesan kemudian menampilkan apa yang dibutuhkan pengguna.

Pengguna bisa mengatur agar Hub menampilkan pesan yang belum terbaca (unread), draft, pesan yang ditandai (flagged) dan tersedia pilihan lainnya.

2 Images 2014 02 19 Thumb Other400 0

3. Delete from server pada Hub

Masih dari BlackBerry Hub, pengguna kini diberikan pilihan saat menghapus email yang ditampilkan Hub. Email bisa dihapus hanya dari Hub atau pengguna bisa memilih untuk menghapus email tidak hanya pada hub melainkan juga menghapus email pada server sehingga tidak bisa diakses kembali pada aplikasi email client lain ataupun menggunakan web browser.

3

4. Tombol virtual previous/next message

Dari interface saat menampilkan email juga tampak perbedaan, dimana Anda akan disajikan 2 tombol virtual dengan simbol tanda panah untuk akses cepat ke pesan sebelum ata berikutnya.

4

5. Persentase Baterai

Jka sebelumnya indikator baterai hanya tertampil dalam bentuk ikon baterai. Di versi terbaru ini juga, Anda bisa secara tepat mengetahui berapa sisa daya pada baterai yang disajikan dalam persentase.

Persentase baterai bisa dilihat dengan swipe dari frame di bawah ke arah tengah layar atau melalui tampilan lockscreen.

5

Prev
Next »
Rate this item
(7 votes)
  • Last modified on Saturday, 08 March 2014 21:42
  • font size