pulsa-logo

Ragam Cara Backup Phonebook Online Gratis


adminPulsa

Rabu, 06 Januari 2010 • 23:22

phonebook, review, release date, tabloid pulsa


Banyak cara untuk membackup data ponsel. Mulai dari yang umum, dengan menggunakan koneksi ke komputer, menggunakan aplikasi standar bawaan ponsel, hingga menitipkan ke server yang didedikasikan secara online.

Cara terakhir ini sudah banyak disediakan oleh operator seluler, bahkan di Tanah Air. Hampir semua operator GSM lokal telah menyediakan layanan backup. Tapi semuanya berbayar.

PULSA punya trik untuk memanfaatkan layanan serupa yang tersedia secara gratis. Beberapa diantaranya bisa Anda lihat pada tips berikut ini:

Google Sync

Layanan yang diberikan Google ini sebenarnya sudah lama ada. Kelebihan Google Sync selain aplikasi ini bersifat gratis, data-data kita akan disimpan di server Google sehingga bila Anda berganti ponsel, Anda dapat melakukan sinkronisasi ulang untuk daftar kontak dan kalender yang pernah kita buat di ponsel sebelumnya dan memindahkan kedalam ponsel yang baru dengan mudah.

Proses sinkronisasi ini juga dapat dilakukan secara otomatis sehingga kita tidak harus melakukannya secara manual walaupun opsi manual juga disediakan. Tentu saja untuk menikmati layanan ini Anda sudah harus memiliki akun di Google. Setelah itu Anda harus melakukan beberapa langkah pengaturan yang disesuaikan dengan merek dan tipe ponsel yang Anda miliki.

Bila Anda menggunakan ponsel Symbian 60 2nd edition (Nokia 6630) berikut langkahnya. Klik Menu > Connectivity > pilih Sync > Options > New sync profile. Selanjutnya bila keluar notifikasi copy the values from another profile pilih saja No.

Berikutnya isikan data. Sync profile, isi dengan Google Sync. Data bearer, isikan dengan Web. Access point diisi sesuai dengan operator SIM card yang Anda pakai. Host address diisi dengan https://m.google.com/syncml. Port diisi dengan 443. untuk user name diisi sesuai akun Anda di gmail dan password diisi sesuai password akun Anda tersebut.


Selanjutnya geser joystick ke kanan > pilih contacts pilih yes > kemudian pilih back > back > save

Untuk tips lebih lengkapnya bisa dibaca di Tabloid Pulsa Edisi 173 Th VII terbit 30 Desember-12 Januari 2010