pulsa-logo

Soal Sinyal Bermasalah pada Blackberry Bold 9000


PULSA

Selasa, 22 April 2014 • 14:22

Blackberry Bold 9000,Blackberry Bold 9000, Harga Blackberry Bold 9000, Blackberry, tabloid pulsa


Ponsel Blackberry boleh dibilang cukup sukses di dunia. Angka penjualannya cukup fenomenal, apalagi di Indonesia kini. Menrik juga, karena angka kerusakan ponsel pabrikan Kanada ini juga mulai merangkak naik. Sebagai teknisi ponsel, mau tidak mau kita dituntut untuk mendalami ponsel ini agar tidak usang ketinggalan jaman.

Pada edisi kali ini, Kita akan membahas sedikit tentang kerusakan pada salah satu varian Blackberry yang sangat laris di pasaran yakni Blackberry Bold.

1. IC PA

Biasa dikenal dengan singkatan Power Amplifier. Penguat akhir juga merupakan sebutan umum untuk IC ini. Banyak teknisi yang sering mengganti komponen ini ketika mereka menghadapi masalah sinyal pada ponsel tipe ini. Sebenarnya fungsi utama dari komponen power amplifier ini adalah sebagai penguat pada bagian pemancar ponsel  Blackberry. IC ini dipakai di sebuah handphone sebagai penguat akhir sinyal pemancar atau TX agar bisa dipancarkan sampai ke BTS terdekatBila rusak, gejala yang akan timbul adalah handphone tidak ada sinyal, kalau ada sinyalpun tidak bisa keluar masuk.

Simbol komponen pada skema:



2. Antena Switch

Dalam sebuah ponsel, pasti terdapat komponen ini. Sebuah antenna switch berguna untuk memisahkan sinyal penerima dengan pemancar. Karena pada handphone Blackberry ini terdapat empat band, yaitu GSM900Mhz, PCS1900Mhz, dan DCS(1800Mhz), serta GSM 850Mhz maka antenna switch ini pun harus bisa memisahkan ke empat frekuensi ini. IC ini dikontrol oleh empat tegangan control yang datang dari IC prosesor . Dan kalau IC ini pecah, tidak tersorder dengan baik, atau rusak akan mengakibatkan tidak normalnya system radio. Gejala yang bisa dilihat adalah sinyal melemah, sinyal tidak ada sama sekali, ataupun sulit keluar masuk.

skema:

3. Antena Switch Mekanik

Komponen ini sering kali diabaikan keberadaannya. Tetapi bila terjadi kerusakan, juga akan mengganggu bagian RF. Karena komponen ini adalah salah satu komponen utama yang dilalui oleh sinyal RF  yang datang dari antenna. Gejala umum yang sering terlihat bila komponen ini bermasalah adalah lemahnya sinyal.

Simbol di skema:

4. Konektor Antena

Tempat melekatnya antenna dengan board. Kotornya konektor ini, akan menyebabkan tidak tersambungnya antenna akan mengakibatkan gangguan pada sinyal si hanpdhone. Acap kali masalah inilah yang terjadi pada ponsel. Mungkin disebabkan oleh benturan kecil, atau guncangan menyebabkan tidak terhubungnya konektor ke Antena. Gejala yang mudah dilihat adalah sinyal turun naik.

Kode pada skema:

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42