pulsa-logo

Ganti LCD iPhone Itu Mudah !


PULSA

Rabu, 23 April 2014 • 11:55

apple id, apple indonesia, apple store indonesia, tabloid pulsa


Sebagai komponen yang berhubungan langsung dengan pengguna, LCD (Liquid Crystal Display) atau modul layar termasuk bagian dari ponsel yang paling penting. Karena terbuat dari bahan yang mudah pecah, LCD sering kali rusak sewaktu ponsel terkena benturan keras. Tak heran komponen ini merupakan salah satu yang paling banyak dicari oleh teknisi.

Namun, tentu saja kita tidak boleh langsung mengganti modul LCD ini, sewaktu layar tampilan ponsel bermasalah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu, diantaranya yang terpenting adalah memastikan cpu berjalan dengan normal. Ini sangat penting untuk dianalisis karena LCD blank  bisa saja disebabkan oleh cpu (prosesor) yang hang. Dengan demikian mengganti LCD bukanlah satu-satunya solusi.

Untuk memastikan cpu berjalan dengan normal, hal yang paling mudah adalah dengan melihat konsumsi arusnya. Kali ini PULSA memberi contoh kasus iPhone 3G yang layarnya blank. Sewaktu diperiksa dengan menggunakan power supply, pemakaian listrik dari ponsel tersebut bisa dilihat jelas. Apabila arusnya diam (statis) cpu belum bekerja dengan normal, LCD jangan langsung diganti. Proses harus dititikberatkan pada Software atau syarat kerja CPU. Tapi,bila  pemakaian arusnya dinamis, bisa disimpulkan cpu berjalan baik, saat itu LCD boleh langsung diganti.

Di bawah ini proses penggantian LCD iphone 3G.

Buka dengan jarum

Ambil konektor sim card


Buka dua baut yang ada di atas

Pisahkan LCD