pulsa-logo

Perbaikan BlackBerry Masalah Kamera


PULSA

Rabu, 07 Mei 2014 • 11:05

BlackBerry, Kamera, tabloidBlackBerry, smartphone, Blackberry Messenger, BBM, BlackBerry q10, BlackBerry z10, tabloid pulsa


Saat ini jumlah pemakai ponsel BlackBerry di Indonesia sudah sangat banyak, dan masih memiliki kecenderungan untuk meningkat pesat. Memang selain dikenal memiliki fitur andalan yaitu Blackberry Messenger (BBM) yang sangat digandrungi, ponsel ini pun diakui memang dirancang dengan baik dan memiliki ketahanan fisik yang tergolong kuat. Namun sebaik apapun sebuah ponsel dirancang, tetap tidak bisa dihindarkan dari kerusakan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

1. Benturan fisik yang dapat mengakibatkan jalur putus atau komponen terlepas.

2. Kotoran yang berupa debu atau cairan tertentu yang bisa mengakibatkan hubungan singkat (korsleting).

3. Bug pada software yang diakibatkan ketidaksempurnaan perancangan.

Maka tidak bisa dielakkan lagi saat ini tingkat kerusakan yang terjadi di ponsel ini pun sudah tinggi.

Berhubung ponsel ini tergolong mahal, banyak rekan-rekan teknisi yang merasa gentar sewaktu memperbaikinya. Oleh karena itu, VTIGA hendak membahas permasalahan seputar Blackberry, yang pada kesempatan kali ini menitikberatkan pada kerusakan di bagian kamera.

Suatu waktu seorang alumni datang membawa ponsel Blackberry yang rusak. Kebetulan pada saat itu, Saya sedang mengajar dalam sesi studi kasus. Kita langsung membongkar dan menyelesaikan masalahnya.


Bagaimana langkah perbaikannya?

Pertama kita lepas dulu kameranya. Perhatikan bagian konektornya, apakah ada debu? Atau bisa jadi konektor kamera bengkok. Jika memungkinkan kita ganti dulu kameranya.

Penggantian kamera tidak memerlukan alat solder, hanya membutuhkan pinset untuk mencungkil kamera keluar.

Kalau masalah masih sama, baru kita lihat skemanya.

Semakin canggih teknologi sebuah ponsel akan cenderung semakin simple rangkaian skema yang dimiliki. Kenapa bisa begitu? Karena selain teknologi dan fitur sebuah ponsel berkembang, teknologi IC pun tak kalah cepat perkembangannya.

Yang dulunya diperlukan sebuah IC tambahan untuk mengontrol kamera, kini IC itu sudah bisa disatukan dalam sebuah prosesor, hingga tidak heran bila terlihat ponsel kian mengecil. Oleh karena itu langkah perbaikan pun tentu akan semakin sederhana.

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42