pulsa-logo

Langkah Mudah Backup & Singkronisasi Data Smartphone


Hairuddin

Jum'at, 06 Juni 2014 • 19:22


Anda yang kerap bergonta-ganti smartphone, pasti khawatir akan kehilangan data atau tidak bisa memindahkannya ke smartphone baru, terutama untuk kontak telpon (Phonebook). Cara manual dan konvensional seperti mencatatnya ke selembar 'kertas' atau meng-copy-nya ke SIM card, terkadang cukup merepotkan. Karena, Anda harus meng-input atau meng-copy ulang ke smartphone baru.

Eits…jangan bingung dan menyerah. Banyak kok trik atau cara mudah yang dapat dilakukan untuk memindahkan data (khususnya phonebook) dari satu smartphone ke yang lain. Terlebih, teknologi yang didukung smartphone saat ini sudah menyediakan kemampuan singkronisasi yang lebih tangguh.

Untuk pemilik Android, Google telah menyediakan layanan penyimpanan awan (cloud) yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan serta mensingkronisasikan semua data yang ada di ponsel dengan mudah aman dan cepat. Jadi, Anda bisa dengan aman menggonta-ganti smartphone Android tanpa takut kehilangan data.

Saat mengaktifkan smartphone baru, Anda tinggal mendaftarkan akun yang diinginkan sesuai dengan pengaturan backup di smartphone sebelumnya. Saat Anda mensingkronisasikan smartphone baru, data lama akan secara otomatis ter-copy.

Nah, bagaimana cara pengaturannya?