pulsa-logo

Cara Mudah Mencari dan Menghapus Aplikasi Tak Terpakai


Hairuddin

Senin, 23 Juni 2014 • 13:49

Aplikasi, smartphone, android, Unused App Remover, tabloid Google Play Store, Uninstaller, tabloid pulsa


Sistem operasi Android yang sifatnya terbuka, memungkinkan pengguna smartphone jenis ini menambahkan dan menghapus beragam aplikasi dengan mudah. Namun, dari puluhan aplikasi/game yang Anda jejalkan ke ponsel, berapa banyak sih yang sering digunakan? Lalu sisanya yang jarang dipakai bagaimana?

Untuk ponsel yang memiliki kapasitas memori besar, bisa jadi tak terlalu bermasalah dengan kondisi tersebut. Namun, bagaimana jika ponsel yang Anda gunakan kapasitas penyimpanannya terbatas? Pastinya akan menguras memori ponsel Anda bukan.

Mencari aplikasi yang jarang dipakai sebenarnya bukan pekerjaan sulit. Persoalannya, terkadang kita terlalu menganggap remeh hingga melupakannya. Supaya lebih mudah, sebaiknya manfaatkan aplikasi yang dapat membantu Anda menemukan aplikasi apa saja yang jarang dipakai dan menyedot ruang memori cukup banyak.

Salah satu aplikasi yang patut Anda coba adalah Unused App Remover. Aplikasi gratisan ini akan mempelajari seberapa sering Anda menggunakan suatu aplikasi. Semua informasi terkait aplikasi tersebut akan terdeteksi dan ditampilkan secara otomatis.

Aplikasi ini dapat didownload langsung dari Play Store, dengan kapasitas file tergantung ponsel yang digunakan.

Saat pertama kali digunakan, aplikasi ini akan mengumpulkan data semua aplikasi/game yang terinstal di ponsel. Selanjutnya, menampilkan daftarnya dengan lengkap.


Anda bisa mengatur susunannya berdasarkan waktu, ukuran dan nama aplikasi/game.

Jika Anda telah mendapatkan informasi aplikasi/game mana saja yang jarang digunakan, Anda bisa langsung menghapusnya/uninstall/remove dari ponsel. Tinggal memilih dan mengklik ikon aplikasi/game yang diinginkan, maka akan muncul pilihannya.

Proses yang sama bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi/game lainnya.

Selain Unused App Remover, masih banyak kok pilihan aplikasi lainnya. Baik yang berbayar maupun gratisan. Tinggal Anda cari saja di Google Play Store dengan menggunakan kata kunci "Remover". Namun, untuk memudahkan Anda, berikut kami pilihkan aplikasi alternatif yang memiliki kemampuan yang tak jauh beda.