pulsa-logo

TRIK Perbaikan LCD Blank


PULSA

Kamis, 26 Juni 2014 • 16:16

LCD Blank, BlackBerry Onyx 9700, BlackBerry, smartphone, BB, BBM, tabloid pulsa


Banyak pertanyaan mengemuka setiap berhadapan dengan ponsel yang mengalami kerusakan LCD blank, khususnya ponsel BlackBerry. Pertanyaan pertama tentu saja penyebab dari layar yang tak mau menyala. Untuk menjawab tersebut, langkah pertama yag bisa dilakukan adalah membuka membuka buku skema, contoh kali ini adalah skema BlackBerry Onyx 9700.

Mari kita lihat cuplikan skema berikut ini.

Cuplikan skema di atas adalah gambar jalur dari konektor LCD menuju processor. Terdapat banyak komponen yang ada pada rangkaian LCD BlackBerry Onyx ini.

Jika salah satu saja komponen berjalan tidak normal, maka bisa mengakibatkan LCD jadi blank atau tidak menyala. Untuk lebih mudah mengerti rangkaian di atas, mari kita membagi rangkaian yang cukup rumit di atas menjadi potongan beberapa rangkaian.

Bagian pertama adalah filter, simbolnya FL. Ada empat buah filter di rangkaian LCD Onyx. FL 801, FL802, FL803, serta FL804 adalah kode dari ke empat filter LCD. Memang kerap kali rusak. Ya akibatnya tentu LCD menjadi blank.

Mari lihat posisi komponen filter tersebut.


Selain keempat komponen di atas masih ada lagi penyebab tidak normalnya LCD. Coba lihat cuplikan skema di bawah ini.

Adanya tegangan kerja sebuah LCD pun merupakan hal yang sangat vital. Jika dilihat pada skema di atas, ada dua tegangan yang dibutuhkan oleh sebuah LCD yakni V2_8DIG serta V1_8DIG.

Perlu sekali memeriksa keberadaan kedua tegangan di atas.

Posisi pemeriksaan tegangan:

Selain kedua point di atas, masih ada lagi satu titik krusial yang juga mungkin mengakibatkan LCD bermasalah.

Kita lihat  kutipan skema di bawah ini.

Ini adalah jalur reset untuk LCD. Sinyal LCD Reset ini berasal dari CPU, dan akan dikirim ke LCD tentunya. Namun dalam perjalanannya LCD reset ini harus melalui sebuah gerbang logika berjenis "OR".

Memang sangat langka jika gerbang logika ini mengalami kerusakan, namun dengan langkah sederhana sebenarnya kita bisa mengecek baik tidaknya gerbang ini.

Posisi gerbang logika reset.

Kesimpulannya adalah dalam sebuah kerusakan ponsel dalam hal ini adalah kerusakan LCD, selain LCD itu sendiri, hal yang perlu diperhatikan ialah tegangan, jalur data, maupun jalur control. Sebab bila salah satu jalur rusak, tentu akan menyebabkan ketidaknormalan LCD pada ponsel.