pulsa-logo

Tips Memotret Selfie


Ahmad S.

Kamis, 11 September 2014 • 16:04

Selfie, ZTE Nubia Z5S Mini, kamera, tabloid aplikasi, android, fotografi, tabloid pulsa


foto huffingtonpostfoto huffingtonpost

Sesuai dengan tulisan PULSA di halaman sebelumnya, mengenai rekomendasi beberapa ponsel selfie yang sesuai dengan budget Anda, maka kali ini PULSA akan memberikan sedikit tip dan trik agar Anda bisa memotret selfie dengan baik.

Selfie sudah menjadi bahasa umum yang mengacu pada sebuah upaya memotret diri sendiri, baik seluruh, maupun salah satu bagian tubuh. Entah itu wajah, kaki, dan sebagainya.

Untuk keperluan tips kali ini, kami menggunakan ponsel yang bisa diandalkan, yakni ZTE Nubia Z5S Mini. Kamera ini memiliki beberapa fitur mutakhir untuk memotret selfie baik di kamera depan maupun kamera utama (belakang).

1. Gunakan Kamera Depan, jika..

Memotret selfie akan lebih mudah dilakukan jika kita menggunakan kamera depan. Utamanya agar kita bisa melihat preview foto karena tertampil di viewfinder yang mengarah pada mata kita. Kita bisa mengawasi, setidaknya bisa mencegah seseorang yang iseng melakukan "photo bombing".

Namun tidak semua kamera depan ponsel dapat melakukan selfie dengan baik. Tips nya adalah, gunakan kamera depan yang mumpuni. Pertama, yang membawa resolusi tinggi. Hitungan 5 megapixel ke atas bisa kita andalkan.



Kedua, yang memiliki fitur penunjang dalam melakukan selfie. Semisal fitur smile detection dan autobeauty milik ZTE Nubia Z5s Mini. Dengan smile detection, kita tidak perlu menekan tombol shutter untuk memotret. Cukup tersenyum dan kamera depan akan memotret Anda. Sementara untuk Autobeauty, kamera depan ponsel akan memperbaiki tone warna dan kecerahan pada hasil foto, beauty ataupun tidak obyek foto nya hehe.

2. Gunakan Kamera Utama (belakang), jika..

Jika kamera depan kurang mumpuni, Anda bisa menggunakan kamera belakang. Kerugiannya, Anda akan mengalami kesulitan untuk meletakkan wajah Anda di posisi yang tepat. Karena Anda tidak bisa melihat viewfinder.

Beberapa ponsel, semisal ZTE Nubia Z5s ini, memiliki fitur countdown agar ponsel memotret kita dalam hitungan waktu tertentu. Anda bisa memilih dari 5 detik hingga 20 detik.

Ponsle lain semisal Samsung K Zoom memiliki fitur unik yang bisa memotret obyek saat obyek tersebut masuk ke dalam posisi yang diinginkan.

3. Gunakan alat bantu

Ponsel bukanlah sebuah perangkat kamera digital yang dibuat khusus untuk fotografi. Untuk itu kebanyakan ponsel tidak memiliki portasi yang mumpuni untuk berfoto, semisal untuk diletakkan di atas tripod konvensional. Hingga muncul ide-ide yang bagus guna mengatasi hal tersebut, dan salah satunya adalah tongsis alias tongkat narsis.

Jika Anda bermaksud mengambil sekumpulan orang dengan jumlah yang cukup banyak hingga mengharuskan sudut yang lebih lebar, makasalah satu jalan adalah meningkatkan jarak foto antara kamera dengan obyek. Dan tripod portable yang bisa diatur ukurannya ini bisa menjadi jalan keluar.

4. Gunakan sudut yang berbeda

Ketika Anda melihat potret diri orang lain, mungkin Anda akan segera bosan terlebih jika mereka mengambil foto dari sudut yang hampir sama. Jangan seperti mereka dan ambillah foto selfie yang unik dari sudut-sudut berbeda. Anda bis amelakukan ini dengan latihan yang intensif.

Atau jika Anda menemukan hanya satu sudut yang menarik dari diri Anda, pastikan Anda tidak melkuakannya berulang kali dengan lokasi dan pakaian yang sama.