pulsa-logo

Cara Seru Berkirim SMS dan Melakukan Panggilan Telpon


Hairuddin

Rabu, 29 Oktober 2014 • 11:31

SMS, Telpon, tabloid windows phone, Quick, Smart Dial, phonebook, Drag And Call, tabloid pulsa


Cara konvensional untuk melakukan panggilan telpon adalah dengan mengetikan nomor telpon di dial pad, atau mencari kontak di phonebook lalu menghubunginya. Begitu pula jika ingin mengirim SMS, harus membuka menu message/SMS lalu mencari kontak dan menuliskan pesan yang akan dikirim. Cara-cara tersebut kadang kala cukup merepotkan. Karena harus melalui beberapa tahapan.

Di smartphone, ada cara yang lebih mudah dan cepat yakni dengan memanfaatkan fitur Quick dan Smart Dial. Di beberapa kasus, langkah ini juga masih agak merepotkan terlebih untuk pengguna Windows Phone, karena harus menambahkannya ke home screen via menu Pin to Start. Dengan cara ini, layar awal Windows Phone Anda akan dipenuhi oleh live tile dari kontak-kontak favorit.

Nah, bagi yang ingin lebih simpel, bisa mengelompokan kontak-kontak yang sering dihubungi dalam satu folder atau dapat juga dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya adalah Drag And Call.

Aplikasi besutan Amaze Pictures Inc ini selain bisa mengelompokan beberapa kontak penting untuk memudahkan Anda saat berkomunikasi, cara yang dilakukan pun tergolong cepat dan mudah. Cukup dengan menggeser (Drag) ikon kontak untuk telpon dan SMS.

Anda juga dapat dengan mudah membagi (share) kontak-kontak tersebut via SMS atau Email, bahkan lewat koneksi NFC. Termasuk mengatur DTMF tones dan mengkustomisasi volume serta On/Off.

Nah, bagi pemilik Windows Phone 8/8.1 yang ingin mencobanya, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Download dan install aplikasi "Drag And Call" dari Windows Phone Store.


2. Setelah terinsatal, jalankan aplikasi tersebut. Saat pertama kali digunakan, Anda hanya akan menemukan kotak-kotak kecil bergambar siluet orang berjumlah 16 buah, yang mengapit dua kotak besar berikon telpon dan pesan. Kotak-kotak tersebut nantinya harus Anda isi dengan kontak phonebook.

3. Nah, ditahap awal untuk menggunakan fitur di aplikasi Drag And Call, Anda harus melakukan sedikit pengaturan dengan cara menambahkan kontak phonebook dari orang-orang yang paling sering dihubungi, untuk mempermudah komunikasi. Caranya, tekan salah satu kotak beberapa saat hingga muncul opsi pengaturan, pilih Edit.

4. Berikutnya, isikan nama dan nomor telpon. Anda juga bisa langsung menambahkannya dari daftar kontak Phonebook. Cukup dengan menekan kotak bertanda tiga titik di 'Phone', selanjutnya pilih kontak yang ingin ditambahkan.

5. Setelah proses pemilihan kontak selesai dilakukan, pilih 'Save' untuk menyimpannya dan secara otomatis kotak kecil di interface aplikasi tersebut akan terisi dengan data kontak tadi beserta contact image (jika ada).

6. Lakukan proses yang sama untuk menambahkan kontak lain di kotak yang masih tersedia.

7. Jika semua kotak telah terisi dengan daftar kontak favorit, Anda bisa mencoba fitur Drag And Call yakni Menelpon atau SMS hanya dengan menggeser ikon kontak ke ikon di area tengah (Phone atau Message).

Selamat mencoba…! Hairuddin Ali