pulsa-logo

Memperluas Ruang Penyimpanan Internal BB10


Epi Kusnara

Kamis, 13 November 2014 • 14:55

BB10, smartphone, android, aplikasi, BlackBerry 10, tabloid tabloid pulsa


Ruang penyimpanan internal dalam sebuah smartphone merupakan aspek utama demi kelancaran kinerja smartphone. Dengan ruang penyimpanan yang luas, smartphone mampu menampung banyak aplikasi untuk diinstal. Semakin banyak aplikasi yang diinstal, semakin banyak ruang yang diperlukan untuk menyimpan data dari aplikasi-aplikasi yang telah diinstal.

BB10 memang mampu mengoperasikan aplikasi Android, tapi tidak memiliki keterbukaan sistem seperti halnya sistem operasi Android yang mampu untuk memindahkan aplikasi dan datanya dari memori internal ke memori eksternal. Sehingga, semua file dan data aplikasi yang diinstal di BB10 akan memakan ruang memori internal yangjuga sudah terpakai oleh partisi sistem. Untuk perangkat dengan memori internal sebesar 16 GB ke atas hal itu tidak masalah, tapi untuk perangkat yang memiliki memori internal sebatas 8 GB tentu akan menjadi masalah karena terbatas saat akan menginstal aplikasi.

Baca juga:

Trik Jalankan Aplikasi dengan "Google Play Service" di BB10

10 Tips Optimal Kamera BlackBerry 10

Kali ini, PULSA akan membagikan tips untuk memperluas ruang penyimpanan internal di BB10. Apa saja alat dan bagaimana langkahnya? Berikut ulasannya.

1. Pertama, yang kita butuhkan adalah PC yang sudah terinstal BlackBerry Link dan Sachesi. BlackBerry Link dan Sachesi bisa digunakan di PC yang berbasis Windows atau Mac.


2. Hubungkan perangkat BB10 dengan PC dengan menggunakan kabel USB.

3. Jalankan Sachesi. Di tampilan pertama, kita akan melihat tampilan Tab Search. Tapi kita tidak bermain di Tab ini.

4. Klik Tab Install. Maka, akan keluar daftar modul atau file bar di Sub tab Your Application. Daftar ini berisi aplikasi-aplikasi yang terinstal di perangkat BB10 kita. Di daftar ini lah kita akan bermain-main dengan membuang aplikasi yang tidak terpakai oleh kita.