pulsa-logo

Fitur Baru GMail untuk Android


Galing

Jum'at, 19 Desember 2014 • 11:19


Setelah meluncurkan aplikasi email baru bernama INBOX by GMail, tim Google melanjutkan upaya mereka untuk menghadirkan inovasi di ranah pengelolan email dengan memperkenalkan update terbaru GMail untuk Android. Melalui update yang digulirkan pada tanggal 6 November lalu, Google kini memberikan tambahan pilihan provider email pada aplikasi miliknya. Jika sebelumnya GMail hanya dapat mengirim dan menerima email dari akun Gmail, maka kini pengguna dapat pula menambahkan akun lain mulai dari Yahoo sampai email kantor. Penasaran? Simak aksinya dalam tips berikut:

1. Add Account

Ketika Anda pertama kali membuka aplikasi GMail yang sudah mendapatkan pembaruan, Anda akan langsung disuguhi dengan pilihan akun Gmail atau akun personal. Untuk pilihan akun personal, GMail menyediakan dukungan untuk akun dengan protokol IMAP/POP yang termasuk didalamnya adalah outlook, Yahoo, AOL Mail hingga email kantor.

2. Swype

Jika Anda sudah membaca dan merespon email yang masuk, Anda tinggal menyapu email tersebut kesamping kanan. Email yang Anda sapu atau swype ke kanan selanjutnya akan dimasukkan sebagai archive secara default. Pengguna dapat juga mengubah pengaturan swype tersebut dengan masuk ke General Setting -> GMail default action dan memilih delete. Namun begitu untuk akun selain GMail, email yang Anda swype akan secara otomatis dihapus.


3. Action Confirmation

Jika Anda khawatir kehilangan email penting milik Anda karena terhapus secara tidak disengaja, maka Anda dapat mengaktifkan Action confirmation yang secara otomatis akan meminta Anda memberikan persetujuan sebelum menghapus sebuah pesan. Selain konfirmasi sebelum menghapus pesan, Anda juga dapat mengaktifkan konfirmasi sebelum Anda mengarsip atau mengirimkan email.

4. Images

Google secara otomatis akan menampilkan gambar email yang masuk kecuali bila Anda memilih untuk menonaktifkannya. Silakan masuk ke setting dan pilih akun email Anda dan scroll aplikasi kebawah sampai pada menu images. Dengan memilih ask before showing, pengguna dapat menghemat kuota data operator langganan Anda.

5. Vacation Responder

Jika Anda kebetulan sedang berlibur ke tempat yang tidak terjangkau oleh jaringan internet, Anda dapat mengaktifkan vacation responder yang secara otomatis akan meninggalkan pesan bahwa pemilik email sedang tidak berada di tempat ketika ada email yang masuk ke akun Anda. Pengaturan vacation responder terdiri dari waktu, subjek serta isi pesan yang ingin Anda tinggalkan.