Atrk
ads skin gagal

Mengetik Asyik di BB10

Prev
Next »

gambar: 2.bp.blogspotgambar: 2.bp.blogspot

Selain terkenal akan aplikasi BBM dan keamanannya, BlackBerry juga terkenal dengan kemampuan papan ketiknya yang lengkap dan apik. Di era BBOS kita mengenal papan ketik fisik QWERTY khas BlackBerry yang terdiri dari 4 baris tombol yang lengkap, sehingga nyaman untuk digunakan mengetik karena akan menghindari salah ketik. Bahkan, papan ketik model BlackBerry pernah dipermasalahkan hak patennya karena ada keyboard eksternal yang meniru peletakan tombol papan ketiknya.

Setelah meluncurkan BB10, BlackBerry pun memiliki keyboard virtual baru yang berbeda dengan para pesaingnya. Mengetik dengan BB10 pun semakin asyik dan mudah, sehingga membuat pengguna nyaman untuk melakukan kegiatan mengetik menggunakan BB10. Namun, ada pengguna yang belum terbiasa dan belum paham penggunaan keyboard BB10.

Baca juga:
Tips Asyik 'Menikmati' Video di BB10
Trik Jalankan Aplikasi dengan "Google Play Service" di BB10
Memperluas Ruang Penyimpanan Internal BB10

Berikut agar mengetik di BB10 semakin asyik:

1. Bagi pengguna BB10 yang menggunakan perangkat full touchscreen, keyboard BB10 mampu memberikan prediksi kata yang lengkap sesuai bahasa yang digunakan. Cara peletakan dan pemilihan prediksinya pun tergolong baru, berbeda dengan keyboard viartual kompetitornya. Prediksi diletakkan di tiap baris huruf yang sesuai untuk memprediksi apa yang akan kita ketik selanjutnya, dan cara memilihnya adalah dengan melakukan gerakan memetik di baris huruf yang kita kehendaki. Dengan fitur ini, emngetik menggunakan BB10 menjadi 2x lebih cepat dan akurat dibandingkan menggunakan keyboard virtual dengan prediksi lainnya. Maka, sangat disayangkan jika pengaturan prediksi keyboard BB10 tidak diaktifkan.

01 4

2. Selain itu, keyboard BB10 juga memiliki kemampuan untuk input suara. Yakni, kita bisa mengetik dengan perintah suara. Seperti voice input keyboard pada umumnya, kita juga bisa mengatur bahasa yang akan digunakan untuk inputnya.

02 3

3. Dan tak lupa, keyboard BB10 mampu mengakomodasi 3 bahasa sekaligus yang akan menyesuaikan secara otomatis bahasa apa yang sedang kita gunakan saat mengetik, sehingga prediksi kata akan menyesuaikan dengan sendirinya. Untuk mengatur bahasa ini, kita bisa masuk menu Setting - Language and Input – Input language – Add/Remove Languages.

4. Seperti kita ketahui, BB10 mampu menjalankan aplikasi Android dengan baik. Salah satu kelebihan dari sistem operasi  Android adalah mampu mengakomodasi keyboard pihak ke-3, sehingga jika dirasa ada kekurangan di keyboard default bisa dengan mudah berganti keyboard lain yang dirasa pas. Apakah BB10 mampu menjalankan keyboard pihak ke-3 milik sistem operasi Android? Tentu bisa. Berikut ini contoh keyboard di aplikais Android, yaitu LINE dengan keyboard BlackBerry. Dan kita akan merubahnya menggunakan keyboard pihak ke-3 milik Android.

03 4

 

Prev
Next »
Rate this item
(0 votes)