pulsa-logo

Trik Jitu Mengatasi Memori Ponsel Penuh


Galing

Selasa, 13 Januari 2015 • 15:33


Memori ponsel penuh kerap jadi masalah yang menghantui pemilik ponsel flagship yang tidak dibekali slot kartu microSD. Pengguna umumnya memilih untuk menginstal aplikasi Cache Cleaner untuk mengosongkan memori ponsel. Namun demikian langkah demikian tak selalu efektif, terutama bila Anda kerap menjadikan ponsel Anda sebagai pengganti flashdisk. Mencari satu-persatu file yang jadi penyebabnya tentu merupakan langkah yang repot dan tak praktis. Solusinya, Anda cukup mengikuti trik jitu berikut:

1. Download Memory Map buatan pengembang Joan Zapata dari Play Store.

2. Begitu Anda membuka Memory Map, maka Anda dapat melihat tipe file apa saja yang memakan memori ponsel Anda dalam bentuk bagan yang menyerupai denah sebuah bangunan.

3. Untuk melihat file yang berukuran kecil, Anda tinggal menggerakkan dua jari Anda untuk memperbesar atau zoom dan sekarang Anda dapat melihat besaran file yang memakan memori ponsel Anda dalam satuan megabyte.



4. Untuk memudahkan Anda dalam memantau, Anda dapat menggunakan bantuan mode pewarnaan atau coloration mode. Mode pewarnaan memungkinkan Anda untuk menampilkan ragam warna berdasarkan perbedaan tipe file, tanggal file dimasukkan atau pengaturan warna berkontras tinggi.

5. Untuk menghapus file yang jadi biang keladi penuhnya memori ponsel Anda, pengguna tinggal memilih tipe file yang diinginkan dengan menyentuh dan menahannya selama beberapa saat. Selanjutnya silakan pilih satu persatu file yang tidak lagi dibutuhkan dan tekan ikon tong sampah yang ada di sudut kanan atas untuk menghapus.

Baca juga:

Ini Dia Aplikasi yang Boros Baterai, Memori dan Bikin Lemot

Kartu Memori Tidak Dapat Menyimpan

Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal