pulsa-logo

Trik Jitu Atasi Google Apps Error


Galing

Rabu, 14 Januari 2015 • 13:18


gambar: google apps logogambar: google apps logo

Pengguna Android yang menginstal banyak aplikasi ke perangkat kesayangannya terkdang kerap menjumpai pesan error saat membuka sebuah aplikasi. Pesan error seperti "the processcom.google.process.gapps has stopped" atau "com.google.process.gapps has stopped unexpectedly" tentu sangat menjengkelkan terutama bila kondisi memori internal perangkat Anda nyaris penuh. Berikut trik jitu yang bisa Anda coba untuk mengatasi hal tersebut:

1. Jika Anda mendapatkan pesan error seperti pada gambar, pastikan Anda mengetahui aplikasi apa yang jadi penyebabnya.

2. Bila Anda sudah mengetahui aplikasi yang menyebabkan masalah, silakan masuk ke setting-> apps dan pilih aplikasi yang dimaksud. Selanjutnya hapus cache dengan memilih clear cache.

3. Bila masalah yang Anda hadapi belum beres, maka lakukan penghapusan data dengan memilih clear data. Jika Anda memilih untuk menghapus data, maka seluruh data aplikasi yang mencakup password, level game atau isi chat akan terhapus. Jika kedua cara diatas tak berhasil, Anda cukup instal ulang aplikasi tersebut.



4. Jika pesan error muncul sebelum Anda membuka aplikasi apapun, maka Anda dapat menonaktifkan "downloads" dengan masuk ke settings-> apps-> All -> Downloads dan memilih tombol disable. Sesudah itu tekan kembali tombol yang sama.

5. Jika pesan error masih membandel, silakan masuk lagi ke apps-> all dan tekan tombol menu lalu pilih reset app preferences. Mudah-mudahan pesan error yang kerap muncul berhasil dihilangkan dengan cara-cara diatas. Selamat mencoba!

Baca juga:

Google Umumkan Fitur iOS Sync Bagi Pengguna Google Apps

Google Dorong Penjualan Aplikasi 'Apps For Work'