pulsa-logo

Tips Membuat Meme di BB10


Epi Kusnara

Kamis, 19 Februari 2015 • 12:47


gambar: ilustrasi, blackberry 10gambar: ilustrasi, blackberry 10

Jika anda sering berhubungan dengan jejaring social seperti Facebook, Twitter atau Path, Anda pasti sudah terbiasa dengan istilah meme. Di jejaring sosial Path, meme ini sudah menjadi sebuah cirri khas yang cepat tersebar karena mudah untuk di-Repath dan juga disebarkan ke jejaring sosial lainnya. Namun, sebenarnya apa itu meme?

Internet meme atau lebih dikenal dengan Meme adalah sesuatu yang menjadi terkenal melalui internet, seperti gambar, video, atau bahkan orang. Internet meme biasanya tercipta saat seseorang membuat atau mengunggah sesuatu di internet, dan menyebar secara luas. Kata meme dicetuskan oleh Richard Dawkins tahun 1976 melalui bukunya yang berjudul The Selfish Gene. Dalam perkembangannya, meme selalu dijadikan sebagai bahan lelucon bagi kebanyakan orang di duni maya karena dapat mewakili perasaan pembuatnya atau bahkan orang yang membacanya, sehingga memancing komentar menggelitik atau sekedar hasrat untuk menyebarkannya.

Anda termasuk orang yang suka membuat meme? Atau mungkin hanya sebagai orang yang ikut menikmati dan menyebarkan suatu meme di internet? Sebenarnya banyak cara membuat meme, kebanyakan menggunakan meme generator yang sudah disediakan template gambar untuk dijadikan memenya.

Baca juga:

Semakin Seru dengan BBM Baru!

10 Tips Optimal Kamera BlackBerry 10

Nah, kali ini PULSA akan mengajak Anda untuk mencoba berkreasi membuat meme dengan aplikasi bawaan BlackBerry 10. Kenapa berkreasi? Karena kita bisa lebih bebas mengekspresikan apa yang akan kita ungkapkan jika merupakan hasil kreasi sendiri tanpa berpatokan pada template.


1. Pertama-tama, yang harus disiapkan adalah aplikasi Effectica. Aplikasi ini dapat didownload dari BlackBerry World. Effectica di BlackBerry World tersedia 2 pilihan, yaitu Effectica Sosial dan Effectica Pro. Bedanya hanya di resolusi akhir yang dapat disimpan oleh effectica terhadapa gambar yang kita edit, fitur lainnya tidak ada beda.

2. Jika sudah terinstal Effectica, buka aplikasinya. Lalu pilih button Image yang ada di sisi bawah, dan pilih gambar yang akan dijadikan meme. Cari gambar yang menggambarkan suasana hati atau gambar lucu yang sekiranya mengundang minat orang lain untuk mungkin sekedar menyebarkannya juga.

3. Setelah gambarnya masuk Effectica, klik tiga titik di pojok kanan bawah untuk menampilkan menu.

4. Pada dasarnya, Effectica adalah aplikasi foto editor yang memungkinkan kita memberikan banyak sentuhan di foto hingga di dapat kualitas yang memuaskan. Jika sudah dirasa puas dengan gambar yang akan di edit, Anda bisa langsung memilih opsi Text.