pulsa-logo

Trik Agar Touch ID Tidak Lagi Menyulitkan


Ahmad S.

Selasa, 03 Maret 2015 • 17:00


apple iphone touch idapple iphone touch id

Nah tips yang ini khusus untuk pengguna iPhone 5s, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Atau perangkat iOS lain yang mendukung Touch ID (iPad Mini 3, iPad Air 2). Apakah Anda salah satu yang menggunakan jenis ponsel ini?

Sekedar mengingatkan, Touch ID adalah metode pengenalan identitas pengguna dengan cara membaca sidik jari melalu sensor yang ditanamkan di bawah tombol Home sebuah iPhone. Teknologi ini mulai diperkenalkan pada September 2013 dan akan menjadi standar produk-produk Apple selanjutnya mengawal fitur Apple Pay yang juga baru diterapkan.

Dengan Touch ID Anda bisa membuka layar iPhone (atau iPad) hanya dengan meletakkan jari di atas tombol home. Tidak perlu lagi memasukkan kode rahasia kan? Atau ketika Anda melakukan transaksi di App Store atau Itunes Store, Anda hanya perlu meletakan jari di atas tombol Home untuk me-verifikasi akun Apple ID.

Namun beberapa kasus menunjukkan bahwa sensor Touch ID kadang tidak seresponsif yang seharusnya. Atau jika Anda menggunakan dua tangan untuk mengoperasikan ponsel, mungkin Anda bingung akan mendaftarkan jari yang mana dari tangan yang mana. Benar demikian?

Nah, PULSA punya tipsnya nih.

1. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan dua tangan, maka daftarkan ibu jari kanan dan kiri Anda ke dalam Touch ID.

2. Caranya masuk ke setting.


3. Masuk ke Touch ID & Passcode, lalu sentuh Add a FingerPrint…

4. Lakukan perekaman data sesuai dnegan yang diminta oleh iPhone.

5. Lakukan hal yang sama  untuk ibu jari tangan yang satu lagi.

Dengan demikian, Anda bisa melakukan verifikasi atau membuka ponsel dengan dua tangan yang berbeda.

Lalu jika dirasa kurang responsif, maka Anda bisa mendaftarkan jari yang sama. Semisal ibu jari tangan kanan dan kiri tersebut diinput ulang ke fingerprints baru. Lakukan hingga 3 inputan baru. Dengan demikian, iPhone akan mencocokan dengan fingerprints yang paling sesuai dan berdasarkan pengalaman ini akan meningkatkan respon Touch ID dalam mengenali jari Anda.

Selamat mencoba.