pulsa-logo

Toko Aplikasi Seru Untuk BlackBerry 10 (1)


Epi Kusnara

Jum'at, 06 Maret 2015 • 14:27


gambar: maxresdefault, Android Snapgambar: maxresdefault, Android Snap

Ketika platform Android dan iOS berlomba untuk saling mengalahkan dalam hal jumlah aplikasi yang ada di masing-masing toko aplikasinya, pilihan aplikasi BlackBerry yang tersedia di BlackBerry World tertinggal jauh oleh toko aplikasi platform lain baik dalam hal jumlah atau ketersediaan aplikasinya. Namun, sejak pengenalan BlackBerry 10, masalah ketersediaan aplikasi itu tidak lagi menjadi masalah yang berarti bagi pengguna BlackBerry 10.

Seperti diketahui, BlackBerry 10 memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android karena telah didukung fitur Android Runtime. Berkat dukungan Android Runtime inilah, banyak aplikasi Android mampu berjalan dengan baik di perangkat BlackBerry 10 sehingga mampu menutupi kekurangan aplikasi di BlackBerry World.

Baca juga:

10 Tips Optimal Kamera BlackBerry 10

Trik Jalankan Aplikasi dengan "Google Play Service" di BB10

Memperluas Ruang Penyimpanan Internal BB10

Banyak cara untuk bisa menginstal aplikasi Android di BlackBerry 10. Dari mulai menggunakan side market (1mobile dan Mobogenie) atau langsung mendownload file APK secara manual menggunakan mesin pencari. Kali ini PULSA akan memberikan tips agar mendownload aplikasi Android di BlackBerry 10 menjadi seru dan mudah.


SNAP

Sebagian pengguna BlackBerry 10 mungkin sudah lama bersahabat dengan nama aplikasi Snap, yaitu aplikasi native pengganti Google Playstore di perangkat BlackBerry 10. Semua aplikasi yang terdapat di Snap ini adalah aplikasi yang ada di Google Playstore, namun dikemas dalam tampilan yang khusus dan sesuai untuk BlackBerry 10. Di Snap, kita bisa mendownload semua aplikasi yang ada di Playstore, namun belum bisa untuk membeli aplikasi berbayar.

Sementara ini, secara resmi Snap sudah berada di versi 2. Kelemahan Snap versi 2 adalah belum mampunya mendownload data tambahan (seperti file .obb), sehingga pengguna yang menggunakan Snap versi 2 harus mendownload data tambahan secara terpisah. Namun, Red Light Of Love, yang merupakan pengembang aplikasi Snap telah menggulirkan versi 3 yang masih dalam tahap beta. Di Snap versi 3 ini, pengguna BlackBerry 10 juga bisa mendownload data tambahan dari game atau aplikasi Android yang diinstal melalui Snap.

Bagaimana cara untuk mendapatkan Snap versi beta dan cara menggunakannya?

1. Buka http://redlightoflove.com/snap/ dan download versi 3 Beta.

2. Karena file dari Snap ini adalah .bar, maka untuk menginstalnya kita harus menggunakan metode sideload menggunakan Sachesi. Untuk itu, sebelumnya, di PC harus sudah terinstal BlackBerry Link agar sachesi dapat membaca perangkat BB10 Anda.

3. Setelah itu, di Sachesi pilih Instal File. Lalu carilah file Snap-2_9_9_0.bar.

4. Tunggu proses sideload sampai 100% dan jangan putuskan koneksi dari PC ke perangkat Blackberry Anda selama proses sideload.

5. Setelah sideload selesai, Snap akan muncul di list aplikasi. Dan kita bisa langsung menggunakannya. Tampilan pertama Snap akan mengharuskan kita untuk melakukan log in account Gmail kita terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar riwayat instalasi atau belanja kita di Google Play Store dapat diakses dan kembali diinstal di perangkat BlackBerry 10 kita.