pulsa-logo

Backup Android Tanpa Root


Galing

Senin, 25 Mei 2015 • 16:34


gambar: android rootgambar: android root

Bagi sebagian orang, melakukan backup ponsel Android yang telah di-root tentu menawarkan lebih banyak kelebihan daripada ponsel yang masih belum di-root. Dengan menggunakan aplikasi Titanium Backup, selain memback-up aplikasi Anda juga dapat membackup data yang tersimpan didalamnya. Dengan membackup data yang tersimpan, Anda kini dapat melanjutkan level game tanpa perlu mengulang dari awal atau harus kehilangan data login akun media sosial Anda misalnya. Namun demikian, melakukan root buat sebagian orang dirasa sulit serta ada kekhawatiran kehilangan garansi. Lalu solusi seperti apa yang bisa Anda ambil agar dapat melakukan backup aplikasi lengkap dengan data yang dimilikinya tanpa harus melakukan ritual root? Simak tulisan lengkapnya berikut ini:

1. Download dan instal Helium – App Sync and Backup buatan ClockworkMod dari Play Store.

2. Lanjutkan dengan menginstal software yang dikeluarkan oleh pengembang yang sama pada PC Anda dengan mengunjungi situs di link berikut ini.

3. Buka aplikasi Helium dan hubungkan ponsel ke PC dengan kabel data.



4. Langkah berikutnya adalah memberi tanda centang kotak USB debugging yang dapat Anda temui pada Developer Options ponsel Anda untuk mengaktifkannya.

5. Silakan tunggu hingga software Helium pada PC Anda selesai melakukan pairing dengan aplikasi Helium pada ponsel. Begitu Anda mendapatkan pesan seperti pada gambar, maka ponsel Anda sudah siap menjalankan proses backup dengan fungsi yang menyerupai dengan ponsel yang telah di-root. Satu hal yang perlu Anda ketahui, fungsi root sementara ini akan terhapus bila ponsel dimatikan atau restart.

6. Silakan cabut kabel data dari PC dan lanjutkan proses backup dengan memilih aplikasi mana saja yang ingin Anda cadangkan. Untuk melihat aplikasi apa saja yang dapat Anda backup, silakan swype jari Anda tepat dibawah tab backup. Berikan tanda centang untuk memilih aplikasi yang Anda kehendaki untuk di-backup. Anda juga dapat memilih select all untuk memilih semua.

7. Helium juga memberikan opsi App data only buat pengguna yag hanya menghendaki untuk melakukan backup data saja. Dengan memilih opsi tersebut, seluruh APK nantinya akan Anda mendownload ulang dari Play Store ketika proses restore aplikasi dijalankan. Pemilihan opsi ini dapat mengurangi besar file backup yang harus Anda simpan pada kartu memori eksternal Anda.

8. Sesudah semua opsi Anda tentukan, silakan pilih lokasi folder tujuan untuk menyimpan file backup yang dihasilkan. Jika Anda menggunakan versi premium, maka Anda juga dapat mengupload file backup Anda ke akun cloud storage seperti Google Drive, Box dan Dropbox.

9. Sesudah proses backup selesai dilakukan, Anda bisa mengembalikan aplikasi dan data yang hilang setelah melakukan reset perangkat dengan memilih tab restore and sync. Anda juga dapat mengembalikan seluruh aplikasi dan data dari ponsel lama ke ponsel baru Anda dengan memasukkan kartu memori ke perangkat baru.