Atrk
ads skin gagal

Tips Iphone DropBox

Dropbox Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pengalaman menarik saat bertugas membagi ilmu melalui program PULSA Goes to School 2011 di akhir Juli lalu cukup menggelitik dan bisa diterapkan bagi Anda yang berniat bepergian jauh atau mudik ke kota lain saat lebaran nanti. Ketika kita membutuhkan file penting atau ingin mengambil data yang disimpan di komputer kantor, maka kita harus repot meminta orang lain untuk mengakses komputer kita di Jakarta, memasukkan password komputer, mencari file yang dimaksud, lalu mengirimkannya sebagai lampiran ke email kita.


Itupun tidak berhenti sampai di situ, kita yang ada di luar kota harus mencari akses internet yang bagus, untuk kemudian mengakses email, dan mendownload lampiran tersebut untuk kemudian bisa digunakan sebagai mestinya.

Singkat kata: RIBET!

Pengguna iPhone atau iPad tak perlu lagi harus mengalami apa yang kami rasakan. Berkat sebuah layanan bernama DropBox, kita bisa menyimpan satu data, baik dokumen, foto, maupun video di sebuah perangkat, dan secara otomatis file-file tadi akan masuk juga ke iPhone ataupun komputer lain, tanpa ada settingan yang membingungkan.

Ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Di Komputer (baik PC maupun Mac)
1. Download aplikasi DropBox dari situs resminya, yang beralamat di http://www.dropbox.com/downloading?src=index.

Dropbox 1 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

2. Instal! Di bagian awal, Anda akan ditanyakan apakah Anda pengguna yang sudah terdaftar atau belum. Pilih belum akan membuka windows pendaftaran. Masukan nama, email dan password. Mudah kan?

3. Sekedar info, DropBox masih bisa diakses secara gratisan, ketika kita memilih client dengan kapasitas maksimal 2GB. Lebih dari itu, ia berbayar dengan skema seperti tertera di gambar berikut ini.

Dropbox 2

4. Setelah selesai, buka folder DropBox. Isinya seperti ini.

Dropbox 3

Di iPhone/iPad
1. Download client DropBox di AppStore. Tenang, gratisan kok.

Dropbox 4

2. Jika Anda sudah terdaftar melalui instalasi aplikasi di pc, maka Anda bisa memilih pengguna terdaftar dan login dengan email dan password yang sudah didaftarkan.

Dropbox 5

3. Tampilannya akan seperti ini.

Dropbox 6

Simulasi:
1. Upload file-file yang mungkin Anda butuhkan ketika Anda berada jauh dari PC kantor ke folder dropbox yang ada di PC. Caranya mudah, Anda tinggal meletakkan file ke folder dan secara otomatis dia akan terupload di server. Syaratnya adalah “ada koneksi internet”.

Dropbox 7

2. Di iPhone, Anda hanya perlu membuka DropBox dan mengutak atik file yang ada di dalamnya. Sebagai contoh kami meletakkan file foto.

Dropbox 8

3. Buka file tersebut dan Anda bisa menyimpannya di memori iPhone / iPad agar bisa diedit untuk proses selanjutnya.

Dropbox 9

4. Dari iPhone/iPad, Anda pun bisa menyimpan file untuk diutak-atik di perangkat lain. Di DropBox, hal itu disebut upload. Klik Upload, lalu pilih file yang dimaksud, lalu upload.

Dropbox 10

5. Jika kebetulan Anda berhasil mengabadikan momen penting selama perjalanan. Dan Anda ingin berbagi dengan orang tanpa perlu mengakses situs jejaring sosial, Anda bisa menyimpannya di DropBox. Semisal Anda ingin berbagi foto perjalanan dengan keluarga di rumah. Mereka bisa mengakses DropBox di PC rumah dengan username dan password kita. Mereka dapat menikmatinya secara realtime. Hampir bersamaan dengan waktu kita menguploadnya.

Dropbox 11

Jadi, tidak ada alasan lagi ketinggalan file di rumah bukan? Anda bisa melakukan hal serupa dengan beberapa layanan lain. Tapi sejauh ini DropBox masih bisa dipercaya kok.
 

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Friday, 06 December 2013 02:07
  • font size