pulsa-logo

Tips Menjaga Keamanan Jaringan Nirkabel Anda


Woro Ari Prianto

Kamis, 02 Juli 2015 • 21:49


ilustrasi (ist.)ilustrasi (ist.)

Jaringan nirkabel (Wi-Fi) telah membuat begitu mudah bagi siapa saja untuk menggunakan Internet pada komputer, smartphone, tablet dan perangkat nirkabel lainnya di mana saja di rumah tanpa kabel.

Jika menggunakan kabel, sulit bagi seseorang untuk mencuri jaringan internet Anda. Tetapi masalah besar dengan Wi-Fi adalah bahwa orang lain dapat mengakses Internet menggunakan koneksi jaringan internet Anda, bahkan ketika mereka berada di luar rumah, kantor, tetangga Anda atau di dalam mobil.

source: komando.comsource: komando.com

Praktek 'pencurian' tersebut juga dikenal sebagai membonceng. Dan hal itu buruk karena tiga alasan:

1. Meningkatkan tagihan internet bulanan Anda, terutama bila Anda harus membayar per byte transfer data.

2. Menurunkan kecepatan akses internet Anda, karena Anda sekarang berbagi koneksi internet dengan pengguna lain.


3. Membahayakan keamanan, dimana memungkinkan mengakses file pribadi di komputer Anda melalui jaringan Wi-Fi Anda sendiri.

 

Kabar baiknya adalah bahwa hal itu tidak terlalu sulit dicari solusinya, untuk mengamankan jaringan Wi-Fi Anda. Nantinya akan bisa mencegah orang lain mencuri internet Anda sekaligus mencegah hacker mengambil kendali dari komputer Anda melalui jaringan Wi-Fi Anda sendiri.

Berikut beberapa hal sederhana yang Anda harus lakukan untuk mengamankan jaringan Wi-Fi Anda:

1. Buka halaman pengaturan router Anda

Pertama, Anda perlu tahu bagaimana untuk mengakses pengaturan router nirkabel Anda. Biasanya Anda dapat melakukan ini dengan mengetikkan "192.168.1.1" / "tplinkwifi.net" ke browser web Anda (jika menggunakan perangkat dari TP-Link), dan kemudian masukkan nama pengguna dan password yang benar untuk router.

Hal ini berbeda untuk setiap router, jadi periksa dulu manual router Anda.

2. Buat password yang unik pada router Anda

Setelah Anda login ke router Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah password bawaan router Anda. Hal ini akan mencegah orang lain mengakses router dan Anda dapat dengan mudah mempertahankan pengaturan keamanan yang Anda inginkan.

Anda dapat mengubah password dari pengaturan Administrasi pada halaman pengaturan router Anda.

 

3. Ubah nama SSID Jaringan Anda

SSID (atau nama jaringan Wi-Fi) dari Wireless Router Anda biasanya menggunakan nama perangkat. Meskipun tidak akan membuat jaringan Anda rentan tetapi mengubah nama SSID jaringan Anda adalah ide yang baik karena akan membuatnya lebih jelas bagi orang lain untuk mengetahui jaringan mereka terhubung.

4. Aktifkan Enskripsi Jaringan

Untuk mencegah komputer lain di daerah menggunakan koneksi internet Anda, Anda perlu untuk mengenkripsi sinyal nirkabel Anda.

Ada beberapa metode enkripsi untuk pengaturan nirkabel : WEP, WPA, dan WPA2. Enskripsi paling aman adalah WPA2.

 

5. Filter alamat MAC

Setiap perangkat elektronik khususnya komputer dan gadget memiliki MAC address (alamat MAC) yang unik. MAC address inilah yang didaftarkan pada perangkat router agar perangkat yang tidak didaftarkan, tidak dapat tersambung dengan router.

Itulah kira-kira yang bisa dilakukan untuk mengamankan jaringan nirkabel (WiFi) Anda dari bahaya "pencurian" internet, termasuk bahaya-bahaya lainnya yang mungkin akan mengikuti. (*)