pulsa-logo

Tips Konfigurasi Wireless Router


Woro Ari Prianto

Selasa, 28 Juli 2015 • 19:05


ilustrasi (ist.)ilustrasi (ist.)

Kita sering mendengar kata wireless router tapi belum tentu kita mengetahui fungsinya. Disini kita akan membahas fungsi dan bagaimana konfigurasi perangkat agar dapat berjalan dengan baik.

Secara umum wireless router adalah perangkat dalam jaringan komputer yang merupakan penghubung antara jaringan dengan komputer pribadi serta dapat membagi kuota bandwidth. Agar wireless router dapat beroperasi dengan sempurna, perlu sedikit konfigurasi.

Nah, berikut adalah langkah-langkah umum dalam konfigurasi wireless router. Kali ini kita mengambil contoh menggunakan piranti wireless router produk dari TP-Link. Ini dia langkah-langkahnya:

1. Hubungkan wireless router dengan modem dan komputer.

 

2. Masuk web management page melalui web browser (chrome, firefox, dll) dengan mengetikkan alamat IP 192.168.0.1 atau http://tplinklogin.net (lihat bagian bawah produk)

 


3. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukan username dan password untuk mengakses web management page, pergunakan username admin dan password admin untuk masuk ke web management page perangkat.

4. Pilih menu Quick Setup dan klik tombol Next.

5. Pada halaman WAN Connection Type Pilih PPPoE lalu klik tombol Next.

 

6. Selanjutnya isikan parameter Username dan Password sesuai dengan yang diberikan oleh pihak ISP lalu klik tombol Next.

7. Selanjutnya pada menu Wireless silahkan ganti Wireless Network Name sesuai dengan keinginan anda lalu pilih opsi WPA-PSK/WPA2-PSK untuk mode Wireless Security dan isikan password sesuai keinginan dalam kolom PSK Password lalu klik tombol Next.

 

8. Klik tombol Finish maka proses Quick Setup selesai dan anda sudah bisa terhubung ke internet

 

9. Untuk memastikan semua fitur telah di aktifkan silahkan Reboot router melalui menu System Tools >> Reboot lalu klik Reboot.  

Dengan langkah konfigurasi di atas, wireless router sudah dapat bekerja dengan baik. Bila belum bekerja dengan semestinya, hubungi hotline produsen wireless router Anda untuk memberikan solusi terbaik. Happy Online! (*)