Atrk
ads skin gagal

Lebih Rapi Kelola Bukti Pembayarandengan iPhone

Prev
Next »

gambar: iPhone logogambar: iPhone logo

Mungkin judul di atas nampak begitu berat bagi sebagian besar pengguna iPhone. Sebenarnya tips kali ini tidak akan sampai jauh membahas pengelolaan keuangan secara detil, karena hanya akan membicarakan seputar mengumpulkan struk alias receipt atau bukti pembayaran, semisal tatkala kita melakukan perjalan ke luar kota untuk perjalanan dinas, atau sekedar mempersiapkan laporan pengeluaran sepanjang perjalanan kepada istri ataupun orang tua yang mendanai perjalanan tersebut.

Sejumlah aplikasi telah didedikasikan untuk dapat menyimpan gambar ke dalam bentuk data, atau lebih dikenal sebagai scanner. Beberapa sangat cocok untuk kebutuhan ini. Tapi juga, tanpa kita sadar, ada beberapa apallikasi lain yang munkin Anda sudah miliki sejak lama, namun belum dimaksimalkan fungsinya.

Salah satunya adalah Evernote. Jika selama ini Anda menggunakan Evernote untuk menyimpan dokumen dan membuat catatan-catatan penting, maka mulai sekarang Anda pun bisa menggunakannya sebagai media penyimpanan bukti pembayaran selama Anda melkuakan transaksi. Apapun bentuknya.

Seperti yang sudah kita maklumi bersama, menyimpan kertas struk kadang memiliki kendala. Selain ukurannya kecil, mudah lecek dengan tinta yang juga mudah hilang, kerap merepotkan kita ketika berusaha melacak pengeluaran. Atau yang lebih parah mempersulit upaya reimburst ke bagian keuangan kantor misalnya.

Evernote telah mengeluarkan aplikasi tambahan yang diberinama Scannable. Aplikasi kecil dan gratisan ini, mampu mengabadikan semua jenis teks, dan mengklasifikasikannya sendiri berdasarkan ukuran dan teks yang di scan ke dalam receipt (bukti pembayaran) atau cards (kartu nama) dan sebagaiganya.

Anda hanya perlu mengarahkan kamera ke struk yang ada, dan biarkan aplikasi bekerja tanpa harus menekan tombol apapun.

Berikut panduan penggunaannya:

1. Jika belum ada di iPhone Anda, pastikan Anda mendownload terlebih dahulu Evernote dan Scannable. Lalu pastikan Evernote sudah aktif dengan akun Anda.

001

2. Siapkan struk lalu rapikan di permukaan yang datar, upayakan tidak terlipat, lalu buka Scannable dan arahkan kamera ke struk yang sudah disapkan, ikuti panduan berwarna biru untuk meluruskan margin kanan dan kiri, tunggu sampai Scannable melakukan pengambilan gambar. Pengambilan gambar ini berlangsung cepat, jadi mungkin Anda perlu mengambil beberapa kali.

002

Prev
Next »
Rate this item
(0 votes)