Atrk
ads skin gagal

Persiapkan Peta Offline untuk Mudik

Peta Offline Images Data 2015 Agustus Thumb Other400 0

Lebaran memang masih lama, sekitar 3 minggu lagi dari waktu Anda membaca tulisan ini. Tapi bagi mereka yang 'harus' mudik ke kampung halaman tahun ini tentu saja even tersebut sudah dipersiapkan dengan matang. Anda yang memilih transportasi umum sebagai sarana mudik, seharusnya sudah bisa dipastikan telah memiliki tiket pulang-pergi, atau mereka yang berniat menggunakan kendaraan pribadi tentu sudah menyiapkan segala seuatu mulai dari kebugaran tubuh hingga kendaraan yang akan digunakan.

Oke, mungkin mudik hanya salah satu dari kegiatan Anda keluar kota yang akan Anda lakukan beberapa bulan ke depan. Bisa jadi Anda harus bertugas keluar kota yang asing, yang tidak pernah disinggahi sebelumnya. Di saat seperti itu, Anda butuh peta yang bisa diandalkan. Bukan sekedar untuk menuntun kita berpindah dari satu titik ke titik lain tanpa tersesat, namun bisa juga membantu kita menemukan tempat-tempat penting yang sewaktu-waktu dibutuhkan.

Rumah sakit terdekat misalnya, atau rumah makan yang berada di sekitar Anda berada.

Pengguna iPhone secara default telah memiliki peta digital yang bagus hasil kerja sama Apple dan Tom Tom. Kalau itu tidak cukup, biasanya pilihan kedua adalah Google Maps. Sayangnya, kedua peta ini tidak memiliki fitur offline. Google Maps yang dielu-elukan memiliki fitur tersebut, baru-baru ini telah menghilangkan kemampuan menyimpan peta secara ofline di iOS. Padahal, kemampuan itu cukup penting ketika kita berhadapan dengan kondisi dimana kita tidak bisa mendapatkan layanan data, jangankan stabil, sekedar ada jaringan saja sulit untuk dicapai misalnya.

01 3

Atau bagi Anda yang menghemat paket data karena berada di daerah roaming, semisal luar negeri, peta offline akan membantu Anda.

Setelah lama memilih sejumlah peta offline yang menarik, PULSA merekomendasikan Maps.Me sebagai salah satu peta offline yang dapat diandalkan. Namun ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum menggunakannya di area yang ‘terindikasi’ tidak terjangkau jaringan internet.

1. Download peta offline ini di AppStore, dengan kata kunci pencarian Maps.Me. Aplikasi ini gratisan, jadi bisa Anda coba dulu jika masih ragu terhadap kemampuannya.

02 3

2. Selagi Anda masih di daerah dengan akses internet mumpuni, segera download peta yang daerah yang akan Anda kunjungi. Aplikasi ini menyediakan hampir seluruh peta daerah yang ada di dunia.

03 3

Pertama Anda akan dibawa ke pilihan benua.

04 2

Lalu pilih Negara mana yang Anda mau, dan sentuh tombol download. Masing-masing peta memiliki kapasitas yang berbeda. Negara yang besar misalnya, akan memiliki peta berukuran besar hingga ratusan MB. Namun sebaliknya Negara kecil seperti Singapura hanya akan berukuran 4 MB.

05 2 Images Data 2015 Agustus Thumb Other400 0

Ada dua jenis peta yang bisa kita download, yakni hanya peta saja, atau dengan fitur routing untuk menuntun kita dari satu titik ke titik lain dengan panduan arah yang detil. Tentu saja ukurannya pun berbeda.

06 2

3. Peta yang terdownload akan tersimpan di dalam folder baru yang muncul. Pastikan peta tersebut tersimpan di dalam folder ini.

07 1 Images Data 2015 Agustus Thumb Other400 0

4. Gunakan peta secara offline. Beberapa gambar berikut akan memperlihatkan sejumlah simulasi panduan berkendara di sejumlah daerah, termasuk dari Jakarta ke Indramayu.

08a 1 Images Data 2015 Agustus Thumb Other400 0

08b Images Data 2015 Agustus Thumb Other400 0

Rate this item
(0 votes)