pulsa-logo

Full Backup Phone Windows Phone 8.1


Aldrin Symu

Selasa, 13 Oktober 2015 • 16:15

Backup, Phone, Windows Phone 81, aplikasi, OneDrive, tabloid tabloid pulsa


Windows Phone 8.1 LogoWindows Phone 8.1 Logo

Banyak fitur dihadirkan Windows Phone 8.1 yang tidak tersedia pada versi Windows Phone sebelumnya. Salah satunya adalah kemampuan backup aplikasi dan setting. Pada Windows Phone versi sebelumnya, backup aplikasi dan setting yang dilakukan tidak menyertakan start screen, password, browser favorit dan konfigurasi aplikasi didalamnya.

Kini, pada Windows Phone 8.1 backup dapat melakukan restore semuanya saat berpindah ke ponsel baru atau setelah hard reset. Nah, mau tau bagaimana melakukan full backup tersebut, berikut langkahnya.

Pertama, masuk ke pengaturan > sistem > cadangan. Pencadangan yang dilakukan akan tersimpan ke 'cloud'. Pencadangan ini terdiri dari 3 bagian yaitu aplikasi + pengaturan, pesan teks dan foto + video.

Saat mengaktifkan pada aplikasi + pengaturan maka cadangan pengaturan yang terdiri dari favorit browser, sandi layar dan sebagian besar pengaturan lainnya. Didalamnya terdapat juga cadangan aplikasi yang turut aktif dengan menyimpan konten aplikasi seperti skor tertinggi, catatan dan pengaturan ke OneDrive. Begitu 'cadangkan sekarang' diklik maka proses penyimpanan cadangan berlangsung.

Setelah selesai, Anda dapat menghapus cadangan tersebut dengan mengklik 'atur cadangan'. Didalamnya terdapat pemberitahuan bahwa dengan menghapus cadangan, Anda tidak dapat memulihkan pengaturan dan aplikasi.


Ketika kembali ke halaman sebelumnya, masih ada 2 cadangan yang belum diaktifkan yaitu pesan teks dan foto + video. Cadangan pesan teks (termasuk MMS) berisikan fitur unduh pesan berdasarkan kurun waktu seperti tiap bulan.

Sedangkan penyimpanan foto + video ke OneDrive berisikan pengaturan unggah dengan konektifitas pilihan apakah dengan paket data atau hanya WiFi saja. Ini dimaksudkan agar saat mencadangkan video yang notabene berkapasitas besar tidak merugikan Anda yang hanya menggunakan paket data kecil.

Selamat mencoba.

Aldrin Symu