pulsa-logo

Clean Messaging, Aplikasi Lokal untuk Memblok SMS Spam


Hairuddin

Jum'at, 20 November 2015 • 08:57

clean, messaging, aplikasi, lokal, untuk, memblok, sms, spam


Pengguna ponsel, khususnya yang berbasis android sering kali menerima sms masuk dari pengirim yang tidak jelas. Ternyata sms tersebut hanya sms spam yang sangat mengganggu aktivitas pengguna ponsel. Isinya pun beragam, mulai dari mama minta pulsa, penawaran asuransi, pinjaman, penawaran diskon, memperoleh hadiah ataupun sms yang tidak dikenal yang berujung pada penipuan. Bila sering menerima sms spam yang tidak diinginkan, rasanya ingin ganti kartu atau ganti ponsel.

Berawal dari sini lah PT Makmur Sukses Untung (MSUN) terinspirasi untuk membuat aplikasi yang bisa memblock semua jenis sms tersebut. Prosesnya semua otomatis, tidak perlu setting apa-apa, hanya menginstall, setelah itu, bebas dari sms spam.

Aplikasi ini menggunakan teknologi mutakhir yaitu Crowd Source Anti Spam Technology. Teknologi ini memastikan ponsel bebas dari spam dan semuanya berjalan secara otomatis. Jadi pemilik ponsel tidak perlu menandai nomor mana saja yg perlu di blok dan tidak perlu mengatur SMS dengan pesan jenis apa yg ingin diblok. Aplikasi yang dapat diunduh langsung dari Google Play Store ini bisa memblok pengirim semua jenis sms spam, baik dari nomor hp tidak dikenal, alpha numeric sender atau bahkan provider.

Menurut R. Ari Sudradjat, CEO MSUN, saat ini sudah ada beberapa SMS blocker yg tersedia dipasaran, bahkan android resmi juga punya anti spam.Tapi semuanya harus kita pilih sendiri secara manual mana yang mau di block, mana yang tidak. Selain sangat merepotkan, di Indonesia dan di banyak negara lain, biasanya spammer selalu menggunakan nomor ponsel baru untuk kirim spam, jadi percuma juga kita tandai nomor spam, karena spam berikutnya tidak akan ke block.

Ari menambahkan, aplikasi ini, tidak hanya digunakan di Indonesia, tapi juga bisa dipakai diseluruh dunia. Jadi investasinya cukup besar. Untuk algoritma anti spam dan teknologinya sedang dalam pengurusan patent. "Investasi awal sekitar US$ 50 ribu untuk membuat aplikasi ini," kata Ari.

Ke depannya, dengan teknologi ini bisa memberikan peringatan adanya SMS spam kepada provider. Dengan ini provider akan bisa memblok nomor hp pengirim spam, sehingga pengguna handphone yang tidak menggunakan aplikasipun bisa terhindar spam. "Kami menargetkan 100 ribu pengguna perbulan yang mendowload aplikasi ini," kata Ari.