pulsa-logo

Mencoba iOS Anyar Lewat Program Apple Beta Software


Ahmad S.

Rabu, 10 Februari 2016 • 14:40


Saat ini, secara official iOS baru sampai di versi 9.2.1. Namun seperti kubu OS sebelah, Apple meluncurkan program software beta yang bisa diikuti oleh penggunanya. Dengan program ini pengguna perangkat iOS dapat merasakan lebih dulu OS yang kelak akan diluncurkan oleh Apple.

Meski masih sama-sama iOS 9, rilisan selanjutnya yakni 9.3 dianggap membawa sejumlah penambahan yang menarik. Rupanya hal ini yang membuat program uji coba software Apple menjadi menarik untuk dibahas kali ini.

Sejumlah fitur yang akan dibawa oleh iOS 9.3 semisal Night Shift yang diyakini akan membantu Anda tidur lebih mudah dengan mengurangi kecerahan layar di jam-jam tidur, dan multiple user dalam satu iPad, proteksi pada fitur note serta masih banyak tambahan lain, akan meningkatkan kemampuan iPhone dan iPad Anda.

Jika Anda tertarik merasakan sensasi iOS yang belum rilis resmi seperti ini, Anda bisa bergabung dengan program uji coba dengan beberapa langkah sederhana yang akan kita bahas.

Namun perlu dipahami bahwa, karena apa yang akan Anda coba adalah sebuah software beta, atau bisadibilang os yang belum sempurna, maka tentu akan ditemui sejumlah masalah sepanjang Anda menggunakannya. Bisa jadi bersifat destruktif yang akan menghancurkan data-data pribadi. Jadi lakukan ini dan bersiaplah dengan setiap resiko yang akan terjadi.

Sebagai bonus, Anda bisa berpartisipasi melaporkan semua hal yang kurang berkenan, atau sekiranya ada yang perlu ditambahkan, untuk kemudian dieksekusi oleh pihak Apple.

Berikut apa yang perlu Anda lakukan.


1.    Lakukan backup data dengan menggunakan iTunes desktop Anda. Lakukan ini jika sewaktu-waktu ada masalah dengan software beta yang Anda cicipi.

2.    Langsung dari iPhone, buka browser (Safari) dan ketik di kolom alamat http://beta.apple.com. Lalu masukkan Apple ID Anda di kolom yang tersedia.

 

3.    Tunggu beberapa saat sampai Anda memperoleh tanda centang hijau, atau verifikasi dari pihak Apple.

 

4.    Lalu download konfigurasi profile melalui link beta.apple.com/profile. Atau ikuti langkah yang ditunjukkan pada browser Anda.

 

5.    Akan muncul notifikasi untuk melkaukan restart device. Lakukan saja. Dan ketika iPhone Anda aktif kembali namun tidak terjadi apa-apa, silakan masuk ke Settings > General > Software Update.

6.    Jika Anda berhasil terdaftar di program Apple Beta Software, maka akan muncul tampilan seperti ini.

7.    Klik Download and Instal. Khusus untuk iOS 9 Public Beta ini, file yang akan didownload berukuran 1.3 GB. Untuk itu siapkan koneksi yang mumpuni dan kuota yang mencukupi.

8.    Selesai Anda sudah menjalankan iOS yang bakal dirilis. Enjoy!