Atrk
ads skin gagal

Memanfaatkan Fitur Motion & Gesture Control di Smartphone

ilustrasiilustrasi

Saat ini, sensor Accelerometer dan Gyroscope sudah bukan hal baru lagi di smartphone. Hampir sebagian besar ponsel pintar terbaru telah menyandang dua fitur tersebut, dan rata-rata diterapkan untuk mendukung fungsi telpon yang ada hubungnya dengan “motion & gesture control”.

Jika Anda pernah memainkan game balap mobil yang harus menggerak-gerakan ponsel supaya mobil bisa berbelok, artinya Anda telah menggunakan kedua sensor tersebut. Tak hanya itu saja, Anda yang kerap membalikan ponsel untuk menghentikan (mute) nada dering ketika ada panggilan masuk, atau mendekatkan ponsel ke telinga untuk menjawab telpon, ada juga yang menggunakan karakter khusus yang diguratkan ke layar ponsel untuk membuka fitur ponsel secara cepat, pun sejatinya sudah mencicipi teknologi ini.


Hisense 6 1 Images Data 2016 Maret Thumb Other400 0

Namun, tak semua fitur ponsel yang ada hubungannya dengan Accelerometer dan Gyroscope bisa dinikmati secara langsung. Beberapa diantaranya memerlukan pengaturan khusus supaya bisa berjalan dengan lancar.

Nah, buat yang penasaran dan ingin tahu lebih dalam seputar fungsi dari sensor tersebut, termasuk cara mengaktifkannya, bisa mengikuti tips berikut. PULSA menggunakan ponsel  Samsung Galaxy A5 2016 dan Hisense PureShot Plus.

Mengaktifkan motion gesture di Samsung Galaxy A5:
1.    Masuk ke ‘Menu’, kemudian pilih ‘Settings’
2.    Geser ke tab ‘Device’. Selanjutnya pilih ‘Motion and Gesture’
 Samsung 1 Images Data 2016 Maret Thumb Other400 0
3.    Di Samsung Galaxy A5 ini ada 3 opsi fungsi yang terkait sensor Accelerometer dan Gyroscope yakni Smart alert, Mute dan Palm swipe to capture.
4.    Untuk mengaktifkan opsi-opsi tersebut, tinggal geser dari off ke on.  
 Samsung 3 Images Data 2016 Maret Thumb Other400 0

Mengaktifkan motion gesture di Hisense PureShot Plus:
Agak sedikit berbeda dengan Samsung Galaxy A5, di Hisense PureShot fungsi motion & gesture selain untuk ‘Mute’ dan ‘Double Tap to awake’ juga menyediakan fungsi “Offscreen gesture” (sama seperti di smartphone Oppo). Anda bisa mengguratkan karakter khusus di layar lockscreen untuk membuka fitur ponsel secara cepat. Berikut cara mengaktifkannya.
1.    Masuk ke menu utama, pilih ‘Settings’ > General settings
2.    Geser ke opsi ‘Motions and gestures’
 Hisense 3 Images Data 2016 Maret Thumb Other400 0
3.    Di sini, Anda akan menjumpai dua pilihan yakni ‘Motions’ dan ‘Turnoff screen gestures’.  Di opsi ‘Motions’ Anda bisa mengaktifkan fitur ‘Mute’ dan ‘Double Tap to awake’. Pilih dan tap lagi untuk menemukan bar slider on/off. Geser untuk mengaktifkannya.
 Hisense 3 Images Data 2016 Maret Thumb Other400 0    
4.    Kembali ke halaman awal ‘Motions and gestures’. Selanjutnya tap ‘Turnoff screen gestures’.  
 Hisense 6 Images Data 2016 Maret Thumb Other400 0
5.    Geser slider ke ‘On’ untuk mengaktifkan fitur ini.
6.    Di dalam opsi ‘Turnoff screen gestures’, Anda akan menjumpai beragam pilihan fungsi yang bisa dimanfaatkan. Tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari unlock screen, quick capture foto, memutar player musik dan sebagainya.
Hisense 4 Images Data 2016 Maret Thumb Other400 0     
7.    Selain pilihan standar, ada juga dua opsi manual. Di sini, Anda bisa menentukan fitur atau aplikasi apa yang ingin disetting supaya bisa diakses dengan cepat. Tinggal pilih ikon roda/gir yang ada di sampingnya, selanjutnya tentukan aplikasi/fitur yang diinginkan.
Hisense 15 Images Data 2016 Maret Thumb Other400 0   
8.    Jika sudah semua diatur, Anda bisa mulai menggunakannya.

Selamat mencoba! Hairuddin Ali/@hairuddin_ali

 

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Saturday, 05 March 2016 11:45
  • font size