pulsa-logo

Cara Mengaktifkan 4G LTE di OnePlus X


Hairuddin

Senin, 25 April 2016 • 11:45

cara, mengaktifkan, 4g, lte, oneplus, x


Smartphone anyar OnePlus yang telah dinanti para pemburu smartphone tanah air, akhirnya resmi beredar di Indonesia. Ya, produk berkode OnePlus X secara eksklusif ditawarkan lewat moda Flash Deal di salah satu e-commerce Indonesia akhir Maret 2016 lalu.

Sayangnya, OnePlus X yang resmi masuk pasar Indonesia ini hanya mendukung jaringan data 3G. Lah kok bisa? Padahal secara spesifikasi, OnePlus X sudah membawa teknologi 4G LTE loh.

Berdasarkan informasi dari pihak OnePlus sendiri saat peluncuran perdananya di Indonesia, ketidak hadiran 4G LTE di OnePlus X dikarenakan produk ini terganjal aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), yang saat ini menjadi salah satu prasarat pemasaran smartphone 4G di tanah air.

Lantas, konsumen yang kadung membeli OnePlus X apakah tidak bisa menikmati akses data super cepat di jaringan 4G LTE, yang sejatinya dibawa smartphone ini? Jawabannya tentu saja bisa. Secara sistem, OnePlus X mendukung 4G LTE di frekuensi 900 MHz dan 1800 MHz, yang digunakan oleh operator Telkomsel, Indosat, XL dan Tri.

Tak seperti Coolpad Fancy yang menyediakan pengaturan tersembunyi langsung di handset, atau Infinix Zero 3 yang memberikan update sistem via OTA (Over the Air), untuk bisa menikmati 4G LTE di OnePlus X, konsumen harus membuka (unlock) jaringan 4G tersebut menggunakan stok ROM global OnePlus X yang harus disuntikan ke handset.

Nah, untuk bisa menikmati jaringan 4G LTE di OnePlus X versi Indonesia, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Namun sebelumnya, pastikan OnePlus X yang Anda gunakan masih gress dengan artian belum diroot, dan masih menggunakan OxygenOS original. Jika sudah terisi data-data penting, sebaiknya backup data tersebut.

1.    Download stock ROM Global OnePlus X di http://downloads.oneplus.net/2016-04-02/opx/OnePlus_X_OxygenOS_2.2.1/ .  Kapasitas file sekitar 780MB.


Anda bisa mengunduhnya langsung dari ponsel, atau bisa juga melalui PC.

   

2.    Selanjutnya, simpan file .zip tersebut ke directory luar paling atas memori ponsel, bukan di folder dalam OnePlus X.

 

3.    Untuk memulai ritual oprek, terlebih dahulu matikan (off) OnePlus X Anda.

  

   

4.    Berikutnya, masuk ke mode ‘Recovery’. Caranya, dalam kondisi OnePlus X mati tekan tombol power + volume down secara bersamaan.

 

5.    Lepas kedua tombol tersebut setelah muncul opsi recovery.

 

6.    Pilih “Install from Local’.

 

7.    Cari dan pilih file .zip dari Stock ROM Global OnePlus X yang sudah Anda download.

 

8.    Berikutnya install, dan prosesnya akan secara otomatis berlangsung selama beberapa menit.

   

9.    Tunggu hingga selesai, dan lakukan reboot/restart OnePlus X jika proses instalasi selesai.

 

10.    Sampai di sini, 4G LTE di OnePlus X Anda sudah aktif dan bisa digunakan.

   

Selamat mencoba! Hairuddin Ali / @hairuddin_ali