pulsa-logo

KleptoCats, Balada Si Kucing Pengutil


Nariswari

Rabu, 27 April 2016 • 15:47

kleptocats, balada, si, kucing, pengutil


Guys, sewaktu kita sering meletakkan makanan atau cemilan sembarangan, sering kita dinasehati oleh orangtua dengan kalimat, “Awas digondol kucing!”. Kalimat yang sering terngiang inilah yang kurang lebih ingin digambarkan di game imut ini. Game besutan Apps-O-Rama bernama KleptoCats ini memang menggambarkan sisi gelap perilaku kucing yang gemar mengutil barang-barang.  

Sesuai namanya, KleptoCats adalah game berformat endless game yang bisa dimainkan di saat senggang Anda, bahkan di saat perangkat Anda sedang tidak terkoneksi ke jaringan internet. Asyik kan?

Gameplay

Game yang dirilis pada tanggal 9 April 2016 lalu ini kompatibel untuk perangkat berbasis Android v2.3 ke atas dan perangkat berbasis iOS 6.0 atau yang lebih tinggi. Karena sifatnya yang gratisan, maka siapapun bisa mencoba memainkannya.

Game dibuka dengan tampilan “super cute” dari homepage game yang dipenuhi gambar kucing  beraneka rupa dan warna. Jika Anda cukup jeli, sekilas melihat konsep permainannya dan bentuk kucingnya sebenarnya agak mirip dengan game Neko Atsume besutan kreator game Yutaka Sakazaki dari game developer Hit-Point. Namun saya tidak berani untuk menyebut ini peniruan, karena memang ada perbedaan di sana-sini, mulai dari grafis, ikon, dan pendekatan yang sangat berbeda dari sekedar mengasah naluri mengoleksi atau menimbun barang.

Game di level 1 dimulai dengan lebih dari 30 kucing peliharaan yang bisa Anda pilih dengan cara men-tap koleksi kucing yang berputar seperti Russian Roulette. Kesempatan Anda hanya 2 kali tap ya, tidak lebih. Jadi, kalau Anda bernasib apes mendapat kucing bermotif belang yang kurang Anda sukai, maka terpaksa jadikanlah kucing tersebut sebagai perliharaan kesayangan Anda.

Terdapat 3 ikon di bagian atas layar, mulai dari Room (mencakup berbagai level ruangan kamar yang bisa Anda naikkan levelnya untuk menambah kamar baru untuk menimbun barang curian, dan perluasan atau upgrade kamar).


Ikon kedua adalah ikon Buku (mencakup Inventory, Cat-a-log, Raih koin dengan nonton trailer iklan, Beli kucing baru, Boutique, Daily Reward, dan Setting). Di Inventory, Anda bisa mengecek semua koleksi barang curian yang diambil oleh kucing peliharaan Anda. Ada ratusan barang yang bisa Anda kumpulkan di inventory ini.  Sementara untuk Cat-a-log, Anda bisa membeli kucing peliharaan baru yang dibeli dengan Diamonds. Nah, Diamonds ini mendapatkannya agak sulit dan lama jika Anda memainkan game ini secara normal dan regular. Namun bagi yang ingin mendapatkannya secara cepat, bisa membeli Diamonds tersebut dengan nominal tertentu (dimulai antara Rp.5.000 s/d Rp.149 ribu). Selain itu di Boutique terdapat berbagai koleksi aksesoris, pakaian hingga pernak-pernik yang bisa Anda beli untuk mempercantik kucing Anda.

Dan pada ikon ketiga yang terdapat di sudut kanan atas layar, menampilkan jumlah kepemilikan Diamonds dan koin Anda.

Sebagai awalan, game ini hanya membekali Anda Diamonds 3 buah dan modal sebanyak 25 koin. Tidak ada pilihan, Anda harus rajin menambah koin Anda dengan banyak-banyak menonton trailer advertorial (tiap video menambahkan 50 koin untuk Anda) dan memperkerjakan kucing Anda. Bagaimana caranya?

Pada sudut kanan bawah layar ada ikon Hati sebagai indikator health atau stamina si kucing. Dan di sisi kiri bawah layar  terdapat ikon Kamera untuk memudahkan Anda men-share atau membagikan capture kondisi kamar Anda yang dipenuhi oleh barang curian si kucing. Selain itu Anda juga bisa men-share jenis kucing yang Anda miliki ke teman-teman Anda melalui Facebook, iMessage atau Email.

Pertama-tama, muncul sosok kucing peliharaan Anda di kamar level 1. Semua rak, bufet, dan meja  kosong melompong. Tugas Anda adalah membuat si kucing sebanyak-banyaknya mengutil barang untuk membuat kamar Anda itu berjibun dengan barang curian. Dimulai dari cek indikator Hati di sudut kanan bawah layar. Di situ ada tertera presentase stamina si kucing. Jika berwarna ungu, dan presentasenya dibawah 70%, si kucing malas keluar untuk mencuri. Berikan makanan dan usapan-usapan sayang ke si kucing. Caranya dengan menyentuh badan si kucing, lalu akan muncul berbagai Treatment (perlakuan) yang bisa Anda berikan ke kucing Anda.

Mulai dari Treat (memberi makan / cemilan), Pet (mengusap kucing dengan cara men-drag layar di area gambar kucing) dan memberinya misi mencuri di Go Out. Tiap “berkelana” keluar kamar, si kucing membutuhkan waktu  kurang lebih 30 detik (dan waktu Go Out ini makin lama makin panjang) dan memaksa Anda untuk mengggunakan Lonceng untuk mempersingkat waktu perjalanan si kucing. Tiap membunyikan Lonceng, Anda harus menggunakan 100 koin.  Setelah dia kembali dari  perjalanan keluar kamar, si kucing akan menggondol sebuah barang curian yang kemudian bisa ditambahkan ke kamar dan Inventory Anda.

Oh iya, Anda juga bisa memberikan nama ke kucing peliharaan Anda. Caranya tap badan si kucing, sentuh tab nama yang tertera, lalu masukkan nama yang Anda kehendaki di Edit Name.  

Nah, jika nantinya Anda sudah mengumpulkan kesemua 30 ekor kucing, maka nanti  jangan keget jika celah, lubang dan sela-sela rak dan tembok kamar Anda dipenuhi oleh kucing. Namun Anda hal yang harus Anda ingat, bahwa hanya ada 1 kucing yang bisa  Anda suruh dalam sekali misi, tidak bisa mengerahkan semua sekaligus. Hanya satu kucing. Dan Anda bisa memilih kucing untuk menjalankan misi pencurian dengan tap ikon Buku di atas layar > Cat-a-log> tap jenis kucing yang Anda pilih.

Kapan lagi punya kucing imut  yang bisa dijadikan serdadu pengutil. Ya kan?

Spesifikasi game:

Nama game            : KleptoCats

Release                : 9 April 2016

Pengembang            : Apps-O-Rama

Version                : v1.6

Harga                : FREE

Kompatibel            : OS Android (v2.3 dan lebih tinggi) dan iOS (6.0 dan lebih tinggi)

Requires            : tablet, smartphone, iPad, iPhone dan iPod Touch

Bobot File            : 71,7MB (untuk iOS) dan 39MB (untuk OS Android)

Kategori Game            : Endless Game, santai, bisa dimainkan Offline

Tingkat kesulitan        : Mudah

User                : Segala Usia

Rate                : 2  (Rate antara 1 s/d 5)

Grafis                : 2  (Rate antara 1 s/d 5)

Link Download            : Android  (Google Play Store)

                iPhone/iPad (Apps Store) 

(NW)