pulsa-logo

Aplikasi Ini Bisa Mendeteksi Kadar Radiasi


Nariswari

Sabtu, 30 April 2016 • 08:24

aplikasi bagus, aplikasi gratis, aplikasi wajib iOS, alikasi wajib android, tabloid pulsa


Smartphone get smarter! Ternyata kini  smartphone dapat melakukan segalanya. Dengan dibekali beragam spesifikasi dan fitur, smartphone kekinian perlahan  menggantikan perangkat  konvensional, mulai dari fungsi kamera yang makin canggih, fungsi editing file dan foto, hingga file sharing. Bahkan kabar terbaru yang dilansir dari Phonearena.com,  menyebutkan bahwa kamera iPhone Anda bisa membantu Anda dalam mendeteksi kadar radiasi. Lho, bagaimana caranya ya?

Teknologi ini memang memanfaatkan kamera di iPhone dan sebuah aplikasi bernama Ray  Detect. Nah, kamera digital sebenarnya dirancang pada prinsip yang sama seperti mata manusia. Awalnya, retina menyerap cahaya yang masuk ke mata, lalu syaraf  mata mengkonversi cahaya  yang masuk tadi ke impuls-impuls  saraf, dan meneruskannya ke otak sepanjang saraf optik. Demikian juga, kamera memiliki sensor  CMOS yang memiliki peran vital dalam menangkap  cahaya di kamera, mengubahnya menjadi listrik dan mengirimkannya ke sebuah prosesor yang menafsirkannya seperti  yang kita lakukan pada otak kita. Namun kamera lebih sensitif terhadap radiasi daripada mata  Anda.

Kuncinya adalah bahwa cahaya sebenarnya adalah sebuah bentuk radiasi, dan untungnya tidak dipapar oleh mata kita sehari-hari. Sejak kamera terus berevolusi dan ditingkatkan berbagai spesifikasinya, cukup masuk akal bahwa kamera dapat mendeteksi tingkat radiasi, yang pada dasarnya cahaya yang “tercemar”.

Misalnya, pada kamera iPhone menangkap udara yang sedikit  berkabut  dan mempengaruhi cahaya yang masuk ke kamera, hal ini mempengaruhi proses deteksi radiasi menggunakan aplikasi Ray Detect. Proses analisa  kemudian dimulai dengan software aplikasi Ray Detect berdasarkan “continuous high-delta algorithm”.

Perangkat lunak di Ray Detect  mengimplementasikan algoritma di iPhone, mengambil data  dari hasil bidikan kamera dan fitur pengolahan grafis yang dibawa oleh sitem operasi  iOS 7.  Ray Detect kemudian menganalisa setiap pixel dari sensor kamera inpidual, serta informasi dari semua piksel yang dikombinasikan dan dikomparasi  dengan nilai-nilai atau standar tertentu. Mereka dibandingkan dengan nilai-nilai dari database yang mereproduksi spektrum radiasi. Dengan cara ini, Ray Detect  dapat mendeteksi tingkat polutan  dan mampu menghasilkan data dari tingkat  radiasi di sekitar Anda.  

Jika Anda ingin mencoba aplikasi ini di iPhone Anda untuk mencari tahu, apakah lingkungan Anda  terpapar radiasi atau tidak, Anda bisa mendownload di sini,  dan pastikan bahwa  perangkat iPhone Anda menjalankan sistem operasi iOS 9 atau versi lebih tinggi. Kompatibel untuk perangkat iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan  iPhone SE. (Nariswari)

Sumber: Phonearena