pulsa-logo

Kenali dan Maksimalkan Fitur Sinkronisasi di Android


HAIRUDIN

Jum'at, 24 Juni 2016 • 14:58

maksimalkan fitur singkronisasi, tabloid pulsa


Kehadiran sistem operasi Android memberikan kemudahan serta beragam fungsionalitas yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang aktifitas. Salah satu fungsi penting yang ditawarkan OS milik Google ini adalah Cloud System, yang salah satunya berupa fungsi singkronisasi.

 

Layanan singkronisasi yang ditawarkan platform Android ini secara default tak jauh beda dengan platform OS lain. Rata-rata, dimanfaatkan untuk mensingkronisasi fungsi-fungsi bisnis yang salah satunya adalah email (surat elektronik). Dengan melakukan singkronisasi ini, semua data dan notifikasi terkait email akan selalu muncul di smartphone yang Anda gunakan.

Namun, fungsi singkronisasi yang ditawarkan Google di Android ini tak hanya sebatas untuk email loh. Masih banyak lagi fungsi lain yang bisa disingkronisasikan. Misalnya saja data kontak dan juga aplikasi.

 

Pernah gak sih Anda mengalami kejadian saat mengganti ponsel baru tiba-tiba semua aplikasi dari ponsel lama terunduh, dan membuat paket data Anda ‘raib’ begitu saja? Padahal, Anda belum menggunakannya untuk mendownload konten online maupun browsing.

 

Atau ketika Anda mereset ponsel dengan tujuan untuk menyegarkan memori ponsel karena suka hang yang disebabkan banyaknya aplikasi tidak penting, tapi ketika ponsel aktif kembali aplikasi ‘mubazir’ yang membuat ponsel hang muncul kembali.


Kondisi tersebut bisa terjadi karena Anda mengaktifkan fungsi singkronisasi data aplikasi di akun Google yang Anda gunakan baik di ponsel lama maupun baru. Nah, supaya kejadian tersebut tidak terulang sebaiknya nonaktifkan fungsi singkronisasi data aplikasi, caranya:

 

 

1. Masuk ke menu settings, lalu pilih Accounts.

 

 

2. Berikutnya pilih Google, dan tentukan mana akun Google yang Anda gunakan.

 

 

3. Di akun Google Anda tersebut akan muncul beragam opsi singkronisasi yang bisa diaktifkan maupun dinon-aktifkan.

 

 

4. Dari opsi-opsi tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan. Namun, untuk Anda yang tidak ingin data aplikasi muncul         di ponsel baru ketika mengganti ponsel, sebaiknya non-aktifkan opsi ‘App Data’. Hilangkan tanda centang hingga         muncul tulisan Sync is OFF.

 

 

5. Dan otomatis singkronisasi data aplikasi akan berhenti.

 

Selain di Akun Google, singkronisasi data aplikasi juga kerap terjadi pada akun Play Store. Di sini, jika fungsi singkronisasi tidak diatur maka bisa jadi pembaharuan aplikasi akan berlangsung secara otomatis

 

Nah, sebaiknya lakukan pengaturan supaya paket data Anda terselamatkan. Caranya:

 

1. Buka Play Store, pilih opsi menu bertanda tiga garis di pojok kiri atas Google Play.

 

 

2. Selanjutnya, pilih Settings.

 

 

3. Berikutnya Anda akan menemukan opsi ‘Auto-update apps’. Nah, di sini lah yang harus Anda atur.

 

 

4. Pilih ‘Do not auto-update apps’.